Senin, 17 Desember 2012

Harga Sepeda, Yang Murah & Yang Mahal Memang Beda !


Harga sepeda mencapai puluhan juta

Menurut kategori sepeda gunung, harga sepeda MTB dibagi atas XC, Trail, AM, Freeride dan Downhill. Apakah benar sepeda dengan spesifikasi di medan terberat membuat harga sepeda lebih mahal dan mahal. Ternyata tidak juga, hal ini sudah terbukti bahwa jenis sepeda tidak bisa dijadikan patokan mahal tidaknya. Tentu menjadi pertanyaan lain, mengapa sepeda gunung menjadi mahal, bahkan sangat mahal saat ini.
Diawal tahun 1990 an, sepeda MTB masih dirancang sederhana. Untuk model Downhill bike saat itu menjadi model sepeda termahal, karena kekuatan menjadi nilai dari harga sebuah sepeda Downhill. Tetapi berkembangnya teknologi, harga sepeda saat ini malah berbalik. Dari berbagai jenis sepeda XC, Trail, AM, Freeride dan Downhill. Yang awalnya termurah dimulai dari kelas XC, sekarang jenis sepeda cross country (XC) dan All Mountain (AM) lah umumnya lebih mahal.

Hal tersebut sudah terlihat sejak pameran Interbike di Amerika dan pameran sepeda di Eropa baru baru ini.
Kehandalan sepeda Downhill dengan kekuatan komponen harus dikalahkan oleh harga sepeda jenis XC yang ringan. Satu sepeda XC tipe mutakhir sudah mengejar harga $10.000.
Lihat saja model YT Fast Forward Mountain Bike, harganya setara sepeda Downhill papan atas. Mau lebih hebat lagi dari Mountain Bike Scott Genius Limited, ditawarkan harga penuh 10.000 dollar dengan spesifikasi komponen paling atas. Sedangkan sepeda Downhill malah jarang berada pada angka $5.000.
Lihat saja edisi terbaru dari Specialized Epic Carbon dibawah ini, dibandrol $9.400. Hampir satu mobil hanya untuk sebuah sepeda.



Atau sepeda Ibis Mojo HD edisi terbatas tipe full bike dibawah ini, setara harga 2 atau 3 motor. Coba anda cermati harga dibawah ini. Total harga sepeda $6.440, framenya saja $2.400. Artinya anda harus membayar $ 4.440 untuk komponen sepeda ini.


Sepeda mahal bisa menembus harga puluhan juta karena mengunakan komponen per-komponen terbaik
Ketika sepeda Downhill mengejar kekuatan dan menekan sedikit bobot serta memprioritaskan teknologi baru pada sistem suspensi yang kuat. Sepeda Downhill tidak memerlukan sepeda yang ringan, rata rata sepeda Downhill malah berada diatas 16kg. Sepeda Downhill tidak perlu mengurangi bobotnya, tetapi kekuatan.
Sepeda XC mengejar bobot ringan dan semakin ringan dengan teknologi baru, seperti komponen carbon yang membuat sepeda jauh lebih ringan dari sepeda biasa. Tidak heran bila sepeda paling mahal sudah menyentuh berat 10kg atau mungkin lebih rendah.

Satu pesatu komponen sepeda XC dipangkas mengunakan bahan carbon fibre yang ringan. Setiap komponen sepeda XC memiliki nilai. Selisih 50g saja akan menentukan selisih dari total 
harga sebuah sepeda.
Semakin mahal komponen, semakin presisi kemampuannya bahkan sangat presisi karena dibuat dengan mesin CNC. Belum lagi material bahan yang mahal, seperti jenis aluminium papan atas atau bahan titanium yg ringan tetapi kuat dimasukan kedalam komponen sepeda. Komponen jenis tersebut sudah banyak digunakan untuk sepeda dan pastinya masuk kategori premium.

Belum lagi proses pembuatan yang melibatkan antar negara. Umumnya frame carbon sebagian besar dibuat di negara China, lalu di finishing di Taiwan. Dari sana baru dirakit oleh pemilik merek dan di distribusikan ke seluruh dunia. Yang lebih gila bila si produsen membuat di negaranya sendiri. Misalnya merek sepeda Amerika membuat frame carbon di Amerika sendiri. Harganya jauh lebih mahal dari frame carbon China atau Taiwan. Maklum, gajinya juga beda dan diproduksinya tidak banyak.


Demikian juga sepeda gunung model XC dan sepeda All Mountain, yang terus mengembangkan perubahan pada teknologi suspensi dan bahan frame.
Jadi tidak ada kata mahal dan murah pada jenis sepeda MTB. Semakin hebat teknologi yang dimiliki dan ringan, menjadi nilai mahal tidaknya sebuah sepeda. Semakin hebat dan rumit sistem suspensi menambah harga sebuah sepeda lebih mahal. Karena pabrikan merek sepeda harus memesan khusus , ditambah harus membayar biaya paten pada teknologi tertentu. Misalnya SPLIT PIVOT suspension system


Coba anda hitung biaya sebuah sepeda yang dijadikan sepeda impian bagi sebagian orang. Sebuah frame sepeda full suspensi bermerek mencapai 10 - 15juta, ditambah shock depan yang ringan minimal 4 juta, groupset papan atas lengkap dan komponen lainnya 13-20 juta. Belum komponen wheelset atau roda premium, dan komponen khusus berbahan karbon. Bila ditotal nilai sebuah sepeda ringan dengan mudah menembus anggaran 30 juta plus plus.

Banyak faktor dan komponen yang membuat sepeda menjadi mahal

Apakah sepeda mahal lebih bagus dari sepeda murah.
Ada benarnya. Sepeda gunung yang mahal memiliki teknologi dan memiliki presisi tinggi. Bahan frame sepeda misalnya tidak lagi mengunakan aluminium biasa. Produsen memilih bahan frame karbon yang ringan, selisihnya berat sepeda berubah lumayan besar. Perubahan berat frame sepeda saja mencapai 300-500g bahkan 800g. Harganya pasti melambung karena proses pembuatannya lebih rumit dan lama. Belum lagi teknologi campuran dari aluminum yang ringan tetapi lebih kuat seperti Hydro tube, sepeda full suspension dengan bahan khusus tersebut bahkan memiliki selisih 500-700g.
Mengapa mahal, karena dibuat dengan kerumitan lebih tinggi dan membutuhkan waktu. Sedangkan frame kelas bawah seperti frame hardtail hanya dipotong dalam beberapa bagian lalu di las seperti biasa

Apakah hanya frame saja, membuat sebuah sepeda mahal.
Tidak juga dan ini bagian paling penting. Perubahan frame yang ringan hanya mampu melepas bobot antara 300-500-800g. Tetapi masih banyak lagi yang. perlu di kurangi untuk membuat sebuah sepeda mahal dan ringan. Shock Braker jenis angin / garpu depan juga dipangkas beratnya. Harganya mencapai 2-3x lipat dari shock standar jenis coil / per, sehingga berat sepeda menghilangkan 400g lebih. Groupset papan atas, juga menyumbang bobot sepeda menjadi lebih ringan dalam hitungan gram per gram disetiap bagian. Dan komponen lainnya seperti Wheelset rancangan pabrikan umumnya memiliki kelas tersendiri, dibuat lebih ringan, lebih kuat dan lebih rumit karena dirancang khusus.

Apakah daya tahan atau bobot yang ringan menjadi rapuh dan mengurangi kemampuan sebuah sepeda. Walaupun komponen ringan terdengar seperti kurang bahan, bukan berarti komponen ringan terlihat lebih lemah, walaupun memiliki batas di sisi kekuatan.

Sedangkan harga dari semua komponen tergantung dari peminat sepeda. Mau sepeda ringan, siapkan saja dana tanpa batas dengan semua komponen kelas 1. Bila perlu mengunakan Full bahan karbon pada komponen sepeda.

Apakah kita harus mengunakan sepeda yang mahal.
Tentu saja tidak. Sepeda mahal pastinya memiliki merek dan kelas tersendiri. Biaya promosi, investasi, pengiriman dan pengembangan teknologi dimasukan dalam biaya produksi. Tentunya semua itu akan meningkatkan harga jual pada konsumen.

Beberapa frame sepeda bahkan dibuat tidak terlalu banyak dengan embel embel Limited Edition. Jarang sekali produsen sepeda memiliki satu tipe keluar dengan satu model yang sama. Kebanyakan produsen merek sepeda membuat beberapa tipe pilihan dengan keistimewaan tersendiri seperti tipe A, B dan C.

Contoh saja , perbedaan model A dan B terletak pada bobot ringan dan semakin ringan, teknologi pembuatan frame sama presisi. Tipe A menjadi paling mahal, tipe B mungkin sedikit lebih murah, sedangkan tipe C untuk versi standar. Bukan itu saja, sepeda papan atas dibuat sebaik mungkin, dan indah terlihat. Misalnya tipe A berbeda warna dengan tipe B, agar membedakan bahwa tipe A adalah yang mahal karena berbeda komponen.

Dari sisi komponen sepeda. Contoh merek groupset (komponen sepeda) Shimano Jepang saja, memiliki beberapa tipe pilihan groupset seperti Shimano XTR, XT, SLX, Deore dan lainnya. Kinerjanya sama, tetapi berbeda bobot, teknologi dan pemakaian. XTR ditujukan untuk Race dan Trail karena paling ringan dan paling enak sebagai Drivetrain, XT untuk ringan dan handal, SLX untuk daya tahan, dan termurah adalah Deore.
Apakah pabrik Shimano membuat sepeda, tentu saja tidak. Shimano hanya memiliki produk inti sebagai produsen komponen sepeda. Tetapi tidak pernah membuat sepeda.

Dari masing masing model komponen yang disebutkan diatas memiliki keunggulan berbeda, semakin ringan pasti lebih mahal. Fungsinya juga berbeda, misalnya untuk pemakaian biasa , daya tahan atau race. Jangan heran bila mencari rantai sepeda Shimano memiliki beberapa tipe berbeda. Harganya dimulai dari 150 ribu, 300 ribu sampai 600 ribu, itu baru berbicara harga rantai yang berbeda tipe. Bentuk memang terlihat rantai sepeda, tetapi bobot, rancangan, bahan dan teknologinya berbeda.

Tetapi apakah anda pernah membaca review komponen sepeda. Bahwa Crank Deore 9 speed pernah masuk sebagai crank terbaik. Atau rem Shimano SLX lebih baik dari merek dan model lainnya. Padahal kedua model tersebut adalah kelas menengah.

Disisi pabrik atau merek sepeda papan atas umumnya hanya membuat frame / rangka sepeda. Frame yang baik biasanya nyaman, kuat tetapi ringan bahkan mereka menguji sampai batas maksimum di kantor mereka. Sayangnya membeli frame yang mahal tidak akan berpengaruh besar bila mengunakan komponen sepeda murah.

Produsen sepeda atau merek sepeda sendiri menawarkan beberapa tipe berbeda dengan satu model frame yang sama. Biasanya di berikan urutan nomor dari 0, 1, 2, 3 atau lainnya (gambar bawah). Frame sama, sepeda terlihat sama (kecuali warna cat). Model terlihat sama tetapi tipe dan harga dibuat berbeda. Lalu dimana letak perbedaannya, kan frame sepedanya sama.

Perbedaan terletak pada komponen seperti groupset dan shock dan lainnya membuat perbedaan harga sepeda berbeda walaupun memakai frame yang sama. Mau bagus jawabannya tentu kombinasi dariFrame yang baik ditambah Komponen terbail. Tipe 0 akan memiliki bobot lebih ringan dan komponen kelas 1, tipe 1 berbeda sampai 1kg lebih ringan dari tipe 3 yang lebih murah dengan komponen kelas menengah. Tampilan sepeda terlihat sama, tetapi harganya jauh berbeda.


Dampak sepeda ringan dan mahal
Bila sebuah produsen sepeda menawarkan frame fullsus dengan total berat hanya 2.15kg dengan berat total sepeda mencapai 12kg. Sementara frame sepeda murah tipe hardtail memiliki bobot 2kg, tetapi total berat sepeda antara 13-14kg untuk jenis XC. Tentu menjadi pertanyaan, mengapa sepeda full suspensi lebih ringan dari sepeda Hardtail

Artinya ada komponen dari sepeda yang bobotnya lebih ringan, dan bukan hanya frame saja yang menentukan berat total sebuah sepeda. Produsen frame sepeda akan mengunakan komponen unggulan dari merek lain, seperti RockShock atau Fox untuk suspensi, Groupset dari Shimano atau SRAM nomor 1, atau mengunakan komponen ban dari pabrik lain seperti Maxxis, CrankBrother, Kenda, WTB dan sebagainya. Jadilah sepeda itu lebih ringan.


Bila anda berpikir sepeda ringan atau mahal memang lebih nyaman dikendarai, hal ini dapat dibenarkan.
Sepeda menjadi lebih ringan, komponen yang baik membantu pengoperan gigi presisi, nyaman digunakan karena suspensinya memang kelas atas. Bahkan memiliki teknologi tertentu yang dirancang khusus untuk kenyamanan berkendara. Tetapi membeli sepeda yang bagus seperti itu tidaklah murah. Sepeda ringan belum tentu berdampak langsung ke pengendara, terasa lebih nyaman mungkin bisa dibenarkan

Apakah anda tahu bahwa merek sepeda Amerika dan Eropa tidak dibuat di negaranya sendiri

Apakah anda tahu bahwa merek sepeda Amerika dan Eropa tidak dibuat di negaranya sendiri
  • Beberapa tahun lalu, sebagian merek sepeda Amerika dan Eropa tidak lagi membuat semua frame sepeda sendiri. Umumnya merek sepeda hanya merancang (designer), lalu melakukan outsourcing ke pabrik lain. Umumnya frame sepeda diproduksi di Taiwan, China bahkan Indonesia. Alasannya biaya produksi yang murah, dibanding dibuat di negara sendiri.
  • Beberapa Merek sepeda masih mempertahankan membuat sendiri untuk frame premium terbaik dan dijual lebih mahal, sedangkan model menengah kebawah dialihkan perusahan lain di negara berbeda. Sehingga mereka tetap bisa bersaing dikelas menengah dan bawah
  • Bukan itu saja, beberapa produsen yang melakukan outsourcing pengecatan, dan meminta sepeda mereka di cat sesuai merek mereka dari pabrik lain. Salah satu biaya cukup besar adalah proses pengecatan.
  • Bahkan proses produksi sepeda melibatkan beberapa pabrik di negara berbeda. Frame dibuat di negara A, lalu di cat di negara B, baru dikirim ke negara C sebagai pemesan, dan dirakit oleh komponen dari negara D.
  • Mungkin sebuah Merek sepeda tidak lagi membuat satu sepedapun dan memilih untuk menjadi merancang dan disain saja, lalu meminta dibuatkan oleh pabrik lain. Bahkan sepedanya tidak pernah mampir di Amerika, tetapi langsung keluar dari pabrik lain dan dikirim sesuai permintaan pemegang merek yang memesan. Artinya sebuah merek sepeda bisa saja sebagai disainer dan menjual mereknya. Selebihnya pabrik lain yang membuat.
Hati hati, jangan terlalu termakan oleh sebuah merek, tetapi lihatlah fungsinya. Sepeda adalah sepeda dengan fungsi untuk dikendarai. Jangan berteriak dan bangga bahwa sepeda anda adalah merek Amerika, anda akan merah sendiri. Sebagian pesepeda senior sudah tahu bahwa sudah sangat jarang produsen sepeda negara maju untuk model kelas menengah dan ke bawah dari pabriknya.



Sebuah Merek sepeda bisa jadi hanya memegang nama dan teknologi, mahal atau murah tergantung dari teknologi. Ditambah biaya marketing dan proses produksi yang panjang serta harga paten yang dipakai. Jangan terkejut bila harga frame tipe hardtail generik hanya 300 ribu terlihat jelek, sedangkan sepeda bermerek A dijual 2 juta terlihat berwarna sangat manis. 
  • Frame generik dikirim langsung dari pabrik ke reseller, di cat dengan warna seadanya, dan mampu memangkas semua biaya selama produksi.
  • Frame bermerek bisa saja memiliki proses lebih panjang dan biaya promosi yang genjar, disain yang manis, cat menarik, dirancang sesuai keinginan pemegang merek dan beberapa komponen tambahan berkualitas, sehingga harganya melambung.

Tidak semua bisa orang bisa menikmati sepeda mahal, lalu ?
Dengan sepeda jauh lebih murah, asalkan kita dapat menikmati tentunya tidak masalah. Bisa saja kita membeli rem disk brake mekanik sekelas 300 ribu , tentu fungsinya tidak berbeda dengan merek Avid dan Shimano hidrolik yang lebih mahal. Tentu akan terasa lebih keras bila mengunakan rem mekanik, sementara rem hidrolik yang harganya 2x lebih mahal akan terasa ringan dan nyaman.

Mungkin sepeda yang anda miliki adalah sepeda tanpa merek yang dirakit sendiri dengan berat 13-14kg. Selama kita bisa menikmati, tentu saja akan terasa nyaman. Paling penting adalah ukurannya pas dengan tubuh si pemiliknya. Tentu dengan pemakaian secara normal saja. Jadi bukan alasan mengunakan sepeda murah terasa tidak enak. Tapi mungkin saja kurang nyaman.

Sifat manusia tidak pernah puas. Hari ini ingin membeli sepeda senilai 3-4 juta. Setelah memiliki, selang beberapa bulan lagi akan memikirkan untuk menguprade hal yang tidak perlu dan menghabiskan dana 3-4 juta. Beberapa bulan lagi akan menganti dengan sepeda baru yang harganya 2-3x lipat dari sepeda lama dan tidak akan ada habisnya.

Bila ingin pintar dalam memilih sepeda, beli saja yang paling mahal dan cocok untuk anda, tanpa perlu pusing gonta ganti sepeda dan komponen di kemudian hari. Bila belum mampu membeli sepeda impian yang bagus, tabung saja dahulu dan untuk sementara gunakan sepeda yang biasa saja sambil melatih fisik anda dahulu. Dan perlu di ingatkan, teknologi sepeda terus berkembang. Hari ini terlihat hebat, tapi beberapa tahun lagi bisa saja sudah usang.

Jangan menyalahkan sepeda anda yang murah, lalu membuat kesimpulan bahwa sepeda murah tidak enak. Tetapi fisik dan keahlian pengendara yang harus dilatih. Bila fisik dan keahlian kita sudah baik, sepeda apapun akan terasa enak.

Jadi tidak ada alasan harus memaksakan untuk membeli sepeda super mahal, kecuali anda benar benar pengila sepeda, kolektor sepeda, memiliki cukup dana untuk sepeda dan ingin menkoleksi sepeda terbaik dari merek terkenal. Bila terjatuh dari sepeda, berapapun harga sepeda yang anda miliki tidak menjamin 100% selamat. Lihat saja kecelakaan yang banyak dialami oleh pencinta sepeda gunung. Umumnya mengunakan sepeda kelas menengah keatas. Karena begitu yakin bahwa sepeda yang dimiliki mampu menghadapi medan lintasan, nyatanya harus terjungkal bahkan patah tulang. Urusan jatuh bukan urusan sepeda. Tetapi keahlian, keberuntungan, mengetahui batas kemampuan diri kita serta kesabaran anda dalam mengendarai sepeda.

Bila sepeda anda tidak ada yang melirik, yah sabar saja. Toh sepeda untuk dikendarai, dan anda bukanlah seorang foto model.

Select Glove MTB, Memilih Sarung Tangan Untuk Sepeda

Apakah perbedaan dari disain sarung tangan sepeda. Sarung tangan pengendara sepeda bukan saja sebagai pelindung, tetapi memiliki fungsi sebagai peredam getaran ketika berkendara di medan keras, serta menghindari tangan tergelincir atau lepas dari stang sepeda.

Tertutup (Full Fingers) atau separuh jari (Fingerless)
Walaupun disain dan modelnya hampir mirip. Sarung tangan sepeda dibagi atas 2 model yaitu menutup sampai ke jari atau hanya menutup separuh bagian jari tangan. Perbedaan dari fungsi sarung tangan di kedua model, tergantung seberapa berbahayanya medan yang akan dilewati. Ketika pengendara jatuh, tangan biasanya menjadi pelindung utama arah jatuh. Bagian tangan dan siku yang mengarahkan dan menahan badan ketika pengendara jatuh. Gesekan di medan keras akan melukai kulit, sehingga dibutuhkan pelindung pada tangan untuk biker sepeda gunung.
Butuh perlindungan extra untuk tangan, sebaiknya mengunakan penutup penuh sampai jari. 
Kekurangannya adalah kurang nyaman di medan biasa, bahkan relatif lebih panas dibandingkan sarung tangan dengan ukuran separuh jari. Hindari bahan murah yang tidak memiliki ventilasi pada sarung tangan. Beberapa produk dari pabrikan terkenal memiliki solusi tersebut, dengan mengunakan 2 bahan berbeda antara bagian dalam dan luar dari sarung tangan.

Udara dingin, pilihan pelindung penuh lebih baik
Melihat fungsi lain adalah kondisi suhu medan. Bila melalui medan yang sangat dingin (daerah pengunungan), sebaiknya mengunakan sarung tangan atau glove secara penuh pada pelindung jari. Walaupun pemakaian yang satu ini memang tergantung dari daya tahan si  pengendara. Pilihan bisa saja mengunakan glove dengan ukuran separuh jari.
Tetapi untuk medan atau jalur berbatu dan kondisi basah. Akan sangat aman mengunakan disain sarung tangan dengan full size untuk melindungi jari tangan secara penuh.


Gel untuk glove atau biasa, Gel memiliki fungsinya sebagai peredam getaran
Bagian terpenting pada disain glove atau sarung tangan sepeda gunung. Bila diperhatikan ada 2 model yaitu tipe biasa dan pelapis gel.
Untuk glove dengan disain biasa, umumnya pada bagian telapak tangan dibuat lebih tebal. Mengingat sarung tangan akan melindungi tangan , khususnya telapak tangan ketika menyentuh tanah. Bagian ini dibuat lebih tebal dan kuat.

Tetapi ada satu tambahan lain yaitu disisipkannya sejenis Gel. Disain gloves gel atau memiliki pelindung gel umumnya lebih mahal. Mengapa dibutuhkan gel pada sarung tangan pengendara. Kuncinya adalah meredam getaran handlebar atau stang sepeda ketika melewati medan kasar / ekstrem /  berbatu. Terlihat sederhana, mungkin bagi sebagian orang mampu menikmati getaran dalam waktu tertentu. Tetapi untuk sebagian orang, medan berat merupakan penderitaan yang berkelanjutan sepanjang jalan. 1 menit menahan pukulan stang pada telapak tangan bisa saja tahan, bagaimana dengan 3 , 5 atau 10 menit secara terus menerus. Secara perlahan pengendara akan merasakan nyeri dibagian telapak tangan.
Bisa dibayangkan posisi tangan harus menahan tekanan stang karena dorongan shock bagian depan. Ibaratkan saja tangan anda yang dipukul dengan stang dirumah, tetapi secara terus menerus dalam waktu lama.

Kami mengetahui masalah ini dari rekan rekan yang mencoba jalur makadam /  berbatu. Getaran pada stang membuat lengan , siku dan telapak tangan terasa nyeri. Jangankan untuk menempatkan jari pada tangkai rem, bagian telapak tangan bahkan sulit sekali mengenggam grip atau stang sepeda. Karena getaran terjadi secara terus menerus sepanjang jalan. Disisi seperti medan ini, sarung tangan dengan pelindung gel akan sangat membantu pengendara. Sedikitnya mengurangi getaran yang sangat kuat, sehingga stang sepeda dapat tetap dikontrol.




Bila anda ingin mengunakan sarung tangan dengan pelindung Gel
Jangan salah pilih antara Gel dan Busa. Jangan percayakan bentuk sarung tangan sepeda dengan harga murah. Coba periksa dengan baik, apakah memang ada komponen gel atau sekedar busa saja. Beberapa produk lokal menampilkan disain seperti memakai komponen gel.
Ternyata pelindung pada glove sepeda tersebut hanya berisikan busa tebal, dengan ketebalan 3 sampai 4 mm. Awalnya terlihat sama, tetapi bila ditelaah lebih dalam dan diperiksa dalamnya. Baru terlihat bahwa sarung tangan tersebut hanya mengunakan busa dan bukan memakai komponen gel.


Model apa yang terbaik untuk sarung tangan sepeda.
Pilihannya sangat mudah, medan seperti apa yang sering dilewati akan menentukan model sarung tangan sepeda anda. 
Bila medan biasa, tidak berbatu bahkan sampai on road. Sarung tangan jenis gel serta full cover finger tidak terlalu dibutuhkan.
Sisi lain, bila medan bersepeda anda memang cukup berat.
Tinggal anda menganalisa sendiri, seberapa besar daya tahan anda terhadap getaran. Ingin nyaman gunakan sarung tangan dengan tambahan pelindung gel. Walau kurang nyaman ketika di medan biasa, karena terasa ganjalan pada telapak tangan. Tetapi cepat atau lambat akan terbiasa.

Apakah tipe full cover untuk melindungi jari tangan atau separuh. Kembali melihat seberapa bahayanya medan yang sering anda lalui. Untuk perlindungan penuh, pilihan pada full cover dijari tangan. Untuk kenyamanan sebaiknya gunakan sarung tangan dengan separuh jari saja.
Panas dan tidaknya bila dikenakan lama. Bebeapa disain sarung tangan atau glove mtb mengunakanbahan dengan ventilasi udara sisi atas dan sarung tangan. Beberapa model juga memiliki bahan yang nyaman sehingga membuat tidak panas. 

Manfaat utama dari glove atau sarung tangan sepeda adalah keamanan.
Dibawah ini adalah fungsi utama pemakaian sarung tangan sepeda.
Peredam getaran. Glove untuk pengendara sepeda MTB dapat dimanfaatkan sebagai penahan getaran pada stang. Fungsi ini paling utama, getaran pada stang sepeda sangat kuat terjadi walaupun sepeda gunung mengunakan peredam pada fork atau garpu sepeda dengan sistem suspensi. Pengendara sepeda akan sulit mengetahui seberapa besar pukulan balik dari fork yang dialirkan ke stang dan tangan pengendara sepeda. Ketika tangan menjadi sangat lelah, maka gengaman pada grip handlebar juga melemah. Hal tersebut membayakan pengendara sepeda, khususnya dimedan berat seperti jalur panjang berbatu / makadam. Glove atau sarung tangan sepeda gunung berfungsi sebagai peredam getaran. Sehingga momen yang sangat berbahaya akibat lemahnya gengaman pada kemudi sepeda dapat di minimalisir.

Sarung tangan untuk pengendara sepeda gunung sangat penting. Bukan sebagai pelindung tangan saja, tetapi memiliki fungsi lebih untuk menjaga gengaman tangan dari stang kemudi.

Apa Saja Yang Perlu Kita Persiapkan Untuk Bersepeda Gunung ?


Peralatan untuk bersepeda bagi pemula

Berpergian dengan sepeda gunung memang menyenangkan. Melihat pemandangan ke jalan ditepi kota seperti masuk kedalam kampung dengan banyak pohon rindang. Atau masuk ke pinggiran hutan, kebun teh sampai lebih tinggi lagi sampai ke puncak gunung dengan sepeda. Tetapi berkendara dengan sepeda tidak berarti anda bebas dari segala macam hambatan. Perlu dipikirkan medan yang harus dilewati, apakah sekedar jalan tanah sampai jalur berbatu di pinggir gunung. Bisa dibayangkan bila mengalami sesuatu dimana sulit dijumpai orang untuk meminta pertolongan. Khususnya di dearah terpencil yang kemungkinan tidak terjangkaunya signal handphone. Sepeda rusak di tengah jalan, hemm, urusan akan panjang.

Apa saja yang perlu dipersiapkan bila ingin bersepeda ke daerah agak terpencil, dimana anda perlu melakukan tindakan darurat dari pengobatan sampai perbaikan sepeda. Tidak perlu setiap pengendara membawa satu persatu peralatan dibawah ini, tetapi dapat saling berbagi. Minimal setiap group kecil memiliki 1 perangkat, dan 2 ban cadangan untuk satu group pesepeda.

Tools 30%


Tools atau kunci L bagi sepeda gunung adalah perangkat paling penting dan perlu dibawah. Minimal dalam 1 group harus membawa 1 perangkat tersebut. Apa saja yang bisa ditangani oleh alat ini.

Biasanya untuk memperbaiki posisi sadel / tempat duduk.Tidak semua pesepeda pernah mengalami hal yang satu ini. Tetapi beberapa pesepeda baru dimana mulai mencocokkan posisi sadel dan perlu perangkat kunci L. Fungsi untuk memperbaiki posisi maju mundur sadel atau posisi sadel ternyata berubah karena harus menahan penunggangnya. Juga bagi mereka yang mengunakan frame carbon. Umumnya frame carbon mengunakan kunci L untuk mengencangkan tiang sadel (seatclamp) atau seatpost. Hal ini diperlukan bagi pemilik frame carbon agar selalu membawa kunci L bila berkendara sepeda di jalur pengunungan yang naik turun. Lupa menurunkan sadel ketika menuruni jalan curam, bersiap saja terlempar dari sepeda.

Tools kunci L juga berguna untuk memperbaiki posisi caliber discbrake atau bergeser ditengah jalan. Alat ini juga membantu bagi mereka yang mengunakan jenis rem hidrolik. Ketika membawa sepeda dengan ban terlepas dikendaraan, bisa saja tuas rem tertekan secara tidak sengaja. Hal ini membuat bagian brakepad menutup. Kunci dengan obeng minus diperlukan untuk membuka brakepad yang menjepit. Bila tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya menganjal bagian rem hidrolik dengan plastik khusus untuk rem hidrolik. Atau memasukan uang logam kecil untuk menganjal brakepad.

Tool juga berguna untuk mengencangkan baut stem sepeda. Sepeda yang terlihat baik dijalan raya, belum tentu baik bila dibawah ke jalan kasar. Posisi stem biasanya baru berubah ketika sepeda diajak kejalan berbatu. Stem bisa saja kendor dan merosot, dan bergeser karena getaran dari shock sepeda. Bisa dibayangkan bila didalam perjalanan, ternyata posisi stem menjadi kendor membuat stang anda miring.



Ban dan pompa ban 100%


Ban bocor paling sering terjadi. Dari pengalaman kami bersama rekan rekan lain, selalu mengalami ban bocor dalam melakukan perjanan. Apakah melintas dengan sepeda di jalur pengunungan atau dijalan biasa. Persentase sekitar 25%, dan bisa dialami oleh siapa saja. Baik jalur berbatu, jalan tanah sampai dijalan raya terkadang membuat ban dalam bocor.

Hal yang sering terjadi adalah jalur berbatu, umumnya ban mengalami snake bit, atau bocor secara tiba tiba tanpa ada bekas tusukan dari luar seperti paku, beling sampai bekas kayu runcing. Kejadian yang sering terjadi biasanya pada pertengahan jalan sampai hampir pulang.

Kejadian ban bocor akibat snake bite sebenarnya bisa ditanggulangi dengan mengukur tekanan ban tidak terlalu rendah, dan melindungi velg / rim sepeda dengan rim tape. Tidak peduli sebagus apa sepeda anda, sehebat apa persiapan anda. Ban bocor bisa terjadi, bahkan berulang kali terjadi bila kondisi rim dan tekanan ban bermasalah.


Jangan pernah mengira bocornya ban dari sisi luar hanya disebabkan oleh benda tajam. Dari pengalaman kami, ban bocor sering disebabkan benda yang sangat kecil, bahkan dari cacat ban luar dapat merusak ban dalam. Beberapa penyebab ban bocor dari sisi luar 

Beling / kaca, pecahan kaca mobil dijalan bisa menusuk ban sepeda dan menyebabkan bocorya ban dalam. Sekecil apapun bentuknya, beling atau kaca sangat tajam. Dengan mudah menyusup walaupun bentuknya hanya seukuran ujung jarum. Bila sudah masuk kedalam ban luar dan bersembunyi diantara kulit ban luar. Hal tersebut semakin sulit menemukan dimana penyebab kebocoran dari ban dalam sepeda.

Benda logam , seperti paku kecil, kawat atau potongan kayu yang keras bisa menyebabkan kebocoran ban. Tidak peduli seberapa kecil benda yang terlintas oleh ban sepeda, bila berhasil masuk ke kulit ban luar , selanjutnya akan masuk dan terus mengores ban dalam. Hasilnya pasti ban dalam akan bocor

Mutu ban (ban cacat), bisa menjadi penyebab ban bocor. Ban dalam tipis akan membuat ban mudah bocor. Demikian juga serat pada ban luar yang tidak sempurna, misalnya sering digunakan dimedan berat. Serat ban dapat sobek atau putus. Sekecil apapun benang ban luar yang rusak, bila sudah naik akan mengores ban dalam. Tetapi kejadian yang satu ini agak jarang terjadi dibandingkan ban bocor karena dampak snake bite atau sisi dari luar.

Dari sisi ban dalam. Tekanan ban terlalu rendah bisa mengakibatkan kebocoran. Ketahanan dari mutu ban dalam terkadang bocor akibat tidak tahan menghadapi benturan di lintasan. Lubang pada jari jari pada velg / rim sepeda, bisa mengores ban dan membuat lubang sangat kecil

Mengapa ban luar sepeda sangat rentan terhadap tusukan benda kecil. Alasannya sederhana, bansepeda bukanlah ban mobil dengan lapisan kulit yang tebal. Ban sepeda seperti jenis ban lipat / folding dibuat sangat ringan dan tipis. Untuk menangulagi hal ini, pastikan membawa ban dalam cadangan dengan pompa. Karena kejadian ban bocor selama perjalanan sering terjadi.

Pastikan sebelum memasang ban dalam cadangan, dengan memeriksa dinding ban luar di sisi dalam. Terkadang anda tidak bisa menemukan apa penyebab kebocoran pada ban dalam. Dengan meraba bagian dinding dalam, memungkinkan ada benda kecil yang menusuk ban dalam bisa ditemukan. Bila anda lupa memeriksa, dan masih ada benda tajam yang tertinggal didalam. Dijamin ban baru akan kempes kembali.

Bila tidak menemukan sumber penyebab, usahakan bawa pulang ban dalam yang bocor. Dan periksa ulang ban bocor anda lalu dicelupkan ke bak air. Cari dimana titik terjadinya kebocoran, dan menyamakan posisi titik pada bagian yang bocor pada bagian ban luar serta velg / rim sepeda dan ban luar. Terkadang penyebab ban bocor akibat benda tajam bisa menyusup kedalam ban luar, ketika diperiksa ternyata tidak ditemukan sumber penyebab kebocoran. Dengan memeriksa ulang, diharapkan anda dapat menemukan posisi dari benda tajam yang tersembunyi.

Ban luar tipis memang enak ?, resikonya. 95%

Ban luar yang ringan dan tipis memang nyaman digunakan. Tetapi terlalu tipis bisa membawa bencana. Ini cerita dari seorang rekan mengunakan ban luar jenis race, beratnya lebih rendah 150g dibandingkan ban sejenis. Memang ringan, dalam kondisi medan normal sangat nyaman. Nyatanya baru digunakan 1 kali memasuki medan XC, ban mengalami kebocoran 2 kali. Mengunakan ban yang tipis dan ringan memang membuat nyaman. Tetapi bisa dibayangkan ban dalam seperti tidak terlindungi oleh ban luar. Kecuali anda ingin menikmati ringannya ban sepeda anda, dengan membawa 1 lusin ban dalam sebagai cadangan.

Jangan terpengaruh dengan kemampuan sebuah ban luar sepeda yang ringan. Pilih yang bermutu baik, tidak perlu terlalu ringan, yang penting aman bagi anda.
Membawa makanan dan minuman, tetap penting. 75%
Bersepeda berjam jam, bahkan melewati jam makan biasa akan bermasalah bagi mereka yang memiliki penyakit pada pencernaan. Tetapi bukan berarti anda harus membawa makanan banyak dan memakan seperti biasa selama perjalanan. Perut akan terguncang oleh makanan didalam perut, kenyang didapat tetapi mual bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Boleh saja membawa makanan ringan tetapi tidak terlalu banyak. Ada saran terbaik, bawalah makanan seperti agar agar atau gel. Karena cairan gel akan terserap oleh tubuh. Atau makanan berserat dalam bentuk bar, banyak dijual di toko swalayan.
Buat mereka yang berkeringat lebih memang disarankan membawa air lebih banyak. Tetapi perlu diperhitungkan beban yang dibawah. Tanyakan rute perjalanan, apakah akan menemui warung atau penjual air. Membawa cadangan air terlalu banyak akan menambah beban dalam berkendara. Bahkan membuat pengendara limbung selama perjalanan. Bawa saja air secukupnya, sesuai kebutuhan. 



Peralatan P3K 10%

  • Perlatan P3K seperti obat merah, spray anti kram, plester untuk luka perlu dibawa.
  • Kejadian pengendara terjatuh atau sekedar tergores oleh ranting pohon biasanya dapat menimbulkan luka. Baik luka ringan maupun cukup besar perlu ditangani secara serius.
  • Kejadian dari kaki kram paling sering terlihat. Khususnya menghadapi jalur tanjakan dan pesepeda terus memaksakan untuk mengenjot. Ada baiknya membawa spray anti kram dan disemprotkan dilakukan ketika pesepeda mulai terasa akan mengalami kram . Jangan menunggu sampai terjadinya kram pada kaki, karena tidak terlalu efektif. Usahakan ketika timbul gejala dan langsung ditangani secepatnya. Istirahat secepatnya dan minta bantuan dari teman teman anda agar memperlambat perjalanan.
  • Mulas mendadak selama perjalanan. Nah ini dia kebiasaan yang sering terjadi. Antisipasinya sangat mudah,  bawalah tissue basah atau kertas tissue toilet cukup banyak. Bila keadaan sudah mendesak, carilah tempat air mengalir dan bersembunyi lalu pop disana. 
  • Saat ini banyak perlengkapan medik modern, seperti produk spray gel yang dapat melindungi luka. Lebih praktis dibanding plester atau obat merah. Harganya relatif lebih mahal, tetapi sangat efisien.

Peralatan GPS 5%

Anda tertinggal atau terlalu maju kedepan, sementara anda kurang mengetahui jalur yang akan dilewati lalu nyasar. Perangkat GPS sangat baik bila anda tersesat, atau lepas dari rombongan.
Memanfaatkan smartphone sebagai penunjuk arah juga diperbolehkan. Tetapi mengunakan smartphone seperti Android memiliki kelemahan dibanding GPS portable. Receiver satelit lebih lemah, khususnya medan tertutup pohon atau ketika cuaca mendung. Biasanya signal satelit sulit diterima oleh smartphone, dan baterai smartphone lebih boros dibanding GPS portable. Gunakan smartphone hanya dalam kondisi mendesak dengan mengaktifkan penerima signal GPS.
Perangkat GPS untuk Android dapat mengunakan aplikasi navigasi seperti MyTrails

Pemeriksaan untuk bersepeda bagi pemula

Periksa sepeda 85%
Sebelum berangkat, pastikan semua baut sepeda , rem dan tekanan shock anda dalam kondisi prima. Kondisi medan berat akan merubah semua keadaan sepeda anda didalam perjalanan. Langkah yang perlu diperhatikan seperti dibawah ini.
  • Lihat posisi rem sebelum keberangkatan, gunakan senter dan pastikan break pad atau canvas rem anda tidak menyentuh rotor (bila mengunakan discbreak). Anda harus memastikan kedua ban sepeda dalam kondisi prima. Karena dengan melakukan perjalanan ke jalur cross country, kedua kekuatan rem dan ban sepeda menjadi penting. Misalnya menghadapi turunan dengan kontur jalan kurang baik , maka posisi rem depan akan lebih diandalkan dibanding rem belakang. Demikian juga dijalan yang turun dan mulus, pesepeda harus mengunakan kombinasi ke 2 rem secara bergantian. Khususnya rem discbrake akan menjadi panas bila hanya 1 saja yang bekerja penuh.
  • Bila rem anda bermasalah, ada baiknya diperiksa ulang. Khususnya brakepad yang pernah terkena minyak sehingga tidak mengigit dengan kuat. Ganti brakepad yang telah terkontamisi minyak dengan yang baru. Dari pada anda celaka di perjalanan karena rem blong.
  • Periksa semua baut dan kencangkan sesuai torque / tekanan yang dianjurkan. Misalnya anda pernah mengalami masalah dengan perubahan posisi sadel karena kurang kencangnya baut penahan pada sadel dan seatpost. Periksa ulang kembali bagian yang pernah bermasalah dan kencangkan.
  • Pastikan shifter (<- Baca disini) anda (gigi sepeda) dalam kondisi prima. Akan sangat repot bila kondisi gigi sepeda tidak terpasang dengan baik. Terlebih menghadapi medan tanjakan, biasanya pemasangan shifter yang kurang benar membuat gigi sepeda terus melompat. Hasilnya anda akan capai sendiri, karena ketika jalan menanjak, gigi anda terus saja berpindah pindah.
  • Periksa tekanan shock breaker anda (bila shock air / tekanan angin). Jangan terlalu keras tetapi tidak terlalu kurang. Sesuaikan kondisi medan dengan tekanan shock depan dan belakang anda. Sesuaikan posisi rebound, misalnya jalur berbatu dengan durasi rintangan sangat rapat. Setting rebound ke posisi paling cepat. Dan sebaliknya ketika jalan dengan rintangan lebih jarang, bisa mengunakan setting rebound lambat.
  • Pastikan putaran baut seatpost clamp anda dengan baik. Ketika medan naik turun yang anda hadapi, tentu perlu menurunkan atau menaikan posisi sadel.
  • Pastikan kedudukan sadel anda dengan baik. Khususnya mereka yang memiliki beban berlebih. Ketika dirumah, setting mungkin terlihat baik baik saja. Tetapi diperjalanan posisi sadel bisa tidak karuan karena kurang kencang.
  • Kencangkan kembali Quick Release atau QR setelah ban di buka. Jangan sampai baut QR tertinggal dijalan ketika menaikan dan menurunkan sepeda.
  • Dompet, paling penting. Banyak pengendara lupa menyimpan dompet. Biasakan menyimpan dompet di tas ransel dan terbungkus dengan kantung plastik.
  •  Berikan pelumas pada rantai sepeda. Hal ini untuk mengurangi friksi atau gesekan.

Teknik pemindahan gigi sepeda gunung -  10%
Teknik pemindahan gigi selama berkendara sepeda gunung, memiliki teknik tersendiri. Banyak pengendara sepeda pemula asal memindahkan gigi seperti gigi matik kendaraan. Gigi sepeda benar benar gigi manual, memindahkan gigi ketika jalan menanjak akan rentan membuat rantai putus. Bila berkendara di jalan raya, kapan saja bisa melakukan pemindahan gigi. Sedang di medan alam seperti jalur XC ada teknik tambahan seperti dibawah ini.
  • Ketika menghadapi medan jalan menanjak atau mulai mendaki. Usahakan anda memindahkan ke gigi ringan, baik sebelum atau baru memasuki medan menanjak. Caranya dengan mempercepat putaran pedal sambil memindahkan gigi. Bila terlambat memindahkan gigi ke gigi paling ringan, turunkan satu persatu gigi belakang tanpa melepas power pada pedal. Bila terlambat, kecepatan sepeda langsung menurun dan sepeda menjadi lebih berat di kayuh.
  • Usahakan tidak memindahkan gigi dengan lompatan terlalu cepat, sementara power pedal sedang anda tekan penuh. Memungkinan rantai slip, bahkan beberapa kasus dapat mengakibatkan rantai putus.
  • Ketika melewati turunan, usahakan posisi gigi belakang pada titik tengah dan gunakan posisi ring tengah pada gigi depan. Jaga posisi gigi dengan power pedal agar tidak terasa loss / terasa kosong. Tetapi tidak memasang posisi gigi pada tingkat teringan. Karena membuat tiang RD menjulur kebawah. Resiko RD miring / patah bila membentur di medan jalanan yang menurun kadang bisa terjadi.
  • Jangan lupa, ketika posisi jalan menurun. Posisi pedal kiri dan kanan rata - horisontal dengan dengan jalan. Hindari menurunkan salah satu pedal, kecuali untuk keseimbangan ketika berbelok. Bila terhantam batu akan melukai kaki pengendara.


Pakaian dan perlengkapan lainnya. 70%

Gunakan celana khusus sepeda dengan bantalan pada bagian pantat. Ingat, khususnya pengendara sepeda MTB jenis hardtail. Anda akan merasakan tungangan anda seperti kuda liar. Jangan sampai pantat anda memar karena terus ditonjok oleh sadel anda.
  • Untuk pakaian sebaiknya mengunakan jenis polyester, karena ringan, mudah kering, tidak menyerap air dan lebih mudah melepas keringat.
  • Helm sepeda, mutlak diperlukan.
  • Gunakan sarung tangan sesuai kebutuhan anda. Ingat medan yang akan dihadapi bukanlah jalan bisa. Terkadang di lintasan berbatu membuat stang sepeda anda akan bergetar hebat. Sarung tangan dapat mengurangi pukulan dari stang kepada tangan anda. Selain itu berguna untuk melindungi gengaman tangan pada grip dibagian stang, sehingga tidak mudah terlepas.
  •  Jas hujan juga penting, kita tidak pernah mengetahui kondisi cuaca ketika berkendara sepeda. Carilah jas hujan yang agak ringan dan mudah dilipat.




Kondisi pengendara 95%

Banyak kecelakaan bagi pengendara sepeda , khususnya pada jalur crosscountry. Ada baiknya menyimak beberapa pengalaman rekan rekan pesepeda lainnya dibawah ini
  • Minuman yang perlu dibawa secukupnya. Anda bisa mengandalkan minuman elektrolit bila melakukan perjalanan diatas 2 jam.
  • Makan sebelum jam keberangkatan, usahakan 2-4 jam sebelum berangkat. Hindari makan besar selama perjalanan, kemungkinan perut anda akan terkocok.
  • Tidur yang cukup, banyak kecelakaan serius karena pengendara tidak mendapatkan tidur yang cukup. Konsentrasi bersepeda di jalur pengunungan sangat beresiko terjatuh. Dan diperlukan konsentrasi secara penuh ketika berkendara. Banyak pengendara sepeda mengalami kecelakaan, hanya disebabkan kurang tidur. 


Analisa medan 80%


Persiapan ban dengan medan yang akan dihadapi. Pastikan ban sepeda anda dengan tekanan ban yang tepat. Misalnya dijalur tanah bisa mengunakan tekanan ban antara 3-3.5 bar. Mungkin tekanan ban bisa dibuat lebih rendah lagi, untuk mengurangi getaran ketika bersepeda. Bila jalur becek / banyak melewati batu / jalan yang tidak rata. Tekanan ban dapat dilakukan dibawah 4 Bar. Tetapi jangan menurunkan tekanan ban terlalu rendah, resiko snake bit akan terjadi pada ban anda.

Apa dampak tekanan ban terlalu keras dan terlalu rendah :

Dampak tekanan ban terlalu tinggi, sepeda akan terasa memantul ketika melewati rintangan, sulit berbelok karena kerasnya ban tidak mengigit permukaan jalan. Tekanan ban terlalu rendah, kemungkinan ban dapat keluar dari rim / velg sepeda (khususnya ban jenis Folding). Dibawah ini tip lain untuk kondisi ban sepeda anda.
  • Dampak tekanan ban terlalu rendah. Menghadapi ban bocor semakin besar akibat snake bit, kurang efisien ketika dikayuh, malah sulit dikendalikan ketika berbelok karena tekanan ban terlalu rendah.
  • Berapa idealnya, tergantung kebutuhan anda. Ban juga berfungsi sebagai suspensi bagi sepeda.
  • Mereka yang lebih berat, bisa mengunakan tekanan lebih tinggi dari pengendara yang lebih ringan.
  • Ukuran ban dibawah 2.1" inch kebawah seharusnya mengunakan tekanan lebih tinggi dibandingkan ban berukuran 2.1" keatas.
  • Kulit ban yang tebal sebaiknya mengunakan tekanan ban lebih tinggi dibandingkan jenis ban yang lebih tipis.
  • Teknik lain yang lebih cepat, coba masukan tekanan ban sesuai rekomendasi yang ada pada ban luar anda. Misalnya 40 PSI, lalu coba kendarai sebelum anda masuk memulai perjalanan dan coba dibeberapa medan disekitar tempat anda. Lalu turunkan tekanan ban sampai anda merasa cocok dengan ukuran tekanan ban. Catat angka tekanan ban dari pompa anda, dan jadikan patokan tekanan ban tersebut untuk perjalanan mendatang. Catatan pemakaian tekanan ban yang cocok akan memudahkan diri anda menyiapkan sepeda dikemudian hari
  • Untuk pemula, jenis ban sepeda MTB sudah tersedia berbagai jenis. Sebaiknya mengambil jenis ban dengan model pertengahan yaitu tipe XC. Antara High Rolling dan Mud. Mengapa, karena ada 2 keuntungan dengan jenis ban di sisi pertengahan untuk XC. Seperti ban dengan knob atau tonjolan lebih rapat, sehingga lebih ringan ketika di genjot. Ban sepeda memiliki beberapa tipe baik high rolling, hyrid (kombinasi high rolling dan knob besar) dan knob besar (umumnya ditujukan untuk medan berlumpur). High rolling lebih cocok digunakan di medan kering, karena mengutamakan kecepatan ban jenis ini lebih enteng ketika di genjot. Sedangkan ban tipe knob umumnya memiliki ukuran tapak lebih besar dan jarang. Fungsinya untuk melintas di medan lumpur dan becek sehingga lebih mengigit permukaan tanah yang becek. Kelemahan tentu lebih berat ketika mengelinding, tetapi sangat mudah mengkontrol sepeda ketika melalui medan beck dan berlumpur. Artikel tentang ban, The Best Mud Tyres , Memilih ban sepeda, ada yang cantik
Berat beban yang dibawa dan barang yang tidak penting. 100%

  • Jangan membawa barang berlebihan pada ransel layaknya mau pindah rumah. Misalnya air kemasan untuk persediaan terlalu banyak sampai beberapa liter. Bawa saja secukupnya dan perhitungkan tempat pemberhentian untuk membeli air cadangan. Beban pada ransel terlalu banyak akan mengurangi keseimbangan dalam berkendara. Membuat pengedara sulit mengendalikan sepeda dan kurang keseimbangan. Walau kondisi jatuh terlihat biasa saja,terjatuh dari sepeda bisa berakibat fatal. Khususnya pada bagian punggung akan mendapat tekanan beban berlebihan ketika terjatuh.
  • Lindungi barang yang mudah rusak bila mungkin tidak perlu dibawa, seperti smartphone, camera harus diberikan perlindungan yang cukup. Bukan berarti anda sayang dengan barang yang anda bawa. Tetapi dampak psikologis ketika anda berkendara akan dipengaruhi oleh barang yang dibawa. Biasanya pengendara secara tidak sadar akan berusaha melindungi dirinya termasuk barang yang dibawa. Kondisi terjatuh dengan mengutamakan untuk menyelamatkan barang pada ransel, membuat tubuh merespon terbalik. Bukan lagi melindungi diri sendiri untuk jatuh secara rilek, malah reflek berusaha melindungi barang yang dibawah dengan tubuhnya sendiri. Pengalaman ini sudah sering terjadi ketika seseorang jatuh dan terluka pada bagian depan tubuh atau terluka parah, dengan alasan melindungi barang yang dibawa di ransel. Ingat - barang terjatuh dan rusak bisa dibeli lagi, tetapi tubuh anda tidak memiliki spare part.
  • Bila anda terjatuh dari sepeda, amankan diri anda. Jangan memikirkan barang yang anda bawa. Semua bisa dibeli lagi, tetapi tubuh anda tidak memiliki serep

Apa yang dicari dengan sepeda gunung

Apa yang anda cari dengan perjalanan sepeda gunung 100%
Apa yang anda cari dengan berkendara sepeda gunung. Membeli sepeda yang lumayan atau bagus, lalu untuk apa. Beberapa alasan membeli sepeda gunung ada dibawah ini

Sepeda gunung untuk berolah raga.
Alasan terbesar saat ini. Relatif lebih murah, memiliki variasi, dampak bagi kesehatan sangat baik. Kata sederhana, mencari olahraga dengan suasana lain. Karena sepeda gunung memiliki area sangat luas, bisa digunakan untuk on-road atau off-road. Sedangkan sepeda jenis lain umumnya hanya bisa digunakan untuk on-road saja.

Mencari teman dengan bersepeda.
Satu perbedaan dalam kelompok sepeda adalah berteman. Khususnya dengan sepeda MTB, umumnya memiliki penguna dengan rentang umur sangat luas. Dari yang muda sampai yang tua, dari umur 11 tahun (mungkin) sampai 60 tahun. Anda bisa bertemu dengan orang orang seperti itu. Yang lebih tua diberikan nama panggil Om.  Bila anda dengan rekan sepeda anda suka melakukan perjalanan di trek sepeda tertentu, pasti menemukan beberapa pesepeda lain. Baik dalam group kecil dan besar. Seperti itulah komunitas sepeda di negara kita.

Bertemu teman lama
Bisa dari teman kerja, bisnis, kuliah, atau teman sekolah dulu. Bisa berkumpul kembali dengan sepeda gunung. Anda bisa memulai dengan mengajak satu dan dua rekan, lalu mulai menyebarkan virus sepeda ke rekan lainnya. Semakin besar jumlahnya akan semakin menarik. Selain bernostalgia, akan berbeda dengan teman teman anda umumnya. Disini akan terjadi pembicaraan yang sangat luas, karena kembali bertemu. Umumnya pesepeda yang serius, sudah memiliki teman lain. Kelompok yang awalnya kecil menjadi semakin besar dengan tambahan kelompok lainnya.
Bisa saja kelompok kecil dianggap baru, sejalan dengan waktu kelompok sepeda kecil akan menjadi semakin besar dan semakin banyak teman.
Antara teman akan mengantarkan ke tempat tempat menarik yang belum pernah anda kunjungi. Lalu anda akan menceritakan lagi ke teman lain, dan mengajaknya melakukan perjalan yang pernah anda lalui. Dan begitu seterusnya.

Demikian artikel tentang persiapan sepeda bagi pemula. Jangan sungkan menjadi pencinta sepeda gunung, sepeda yang mahal tidak ada artinya bila tidak dipakai. Tentunya anda akan semakin banyak teman dan menambah nilai dalam hidup anda.

Artikel ini dikumpulkan berdasarkan pengalaman dari rekan rekan penggila sepeda gunung.

Mengukur Tekanan Shockbreaker Depan dengan Sag.


Mengukur tekanan Sag pada Shock Breaker angin hanyalah langkah awal.

Ukuran tekanan fork depan, apakah PSI sag, berapa tekanan yang tepat untuk shock breaker. Bagaimana mengukur tekanan angin untuk suspensi depan, memiliki angka relatif. Tetapi dapat diukur dengan perkiraan standar dari jarak Sag yang digunakan. Tekanan shock sepeda gunung jenis angin mengikuti berat badan si pengendara. Ada beberapa teknik tunning dari beberapa parameter untuk mengukur sag sepeda. Satu dibuat oleh anda sendiri sesuai kebutuhan. Dan satu ukuran lain yaitu rekomendasi maksimum dari pabrikan dalam menentukan tekanan angin shock sepeda. Terakhir ukuran yang final sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Tekanan suspensi depan sepeda mempengaruhi sag atau kedalaman shock ketika sepeda dikendarai. Bagaimana mengukur ukuran sag dengan perbandingan tekanan angin pada shock dan berat badan si pengendara sepeda.

Tekanan shock depan berhubungan dengan berat badan si pengendara. Hal lain yang menentukan adalah mutu dari buatan shock breaker, masing masing produsen memiliki teknologi berbeda. Misal berat badan anda relatif sama dengan rekan anda, sementara sepeda rekan anda mengunakan shock breaker berbeda, lalu anda mencoba dan merasa ingin mengikuti tekanan shock rekan anda. Tentu hasilnya belum tentu sama. Anda harus mengukur ukuran shock anda sesuai tipe shockbreaker yang anda miliki.

Apa yang dijadikan parameter atau ukuran awal untuk menyesuaikan shock sepeda. Disebut Sag, sebagai angka tunning standar yang digunakan oleh pemilik sepeda dengan berat badan pengendara.

Apakah Sag
Sag adalah pergerakan suspensi titik bawah ketika mendapatkan beban statis. Sag dijadikan salah satu parameter ketika melakukan tuning atau penyetelan tekanan shock breaker.
Titik paling bawah inilah yang disebut sebagai Sag, yaitu ketika suspensi menerima tekanan beban pengendara maka silinder shock akan turun menerima beban statis pengendara. Sag bukanlah ukuran untuk menentukan seberapa panjang shock breaker anda bergerak ketika melakukan perjalanan dengan sepeda. Tetapi Sag adalah kedalaman awal dari turunnya shock setelah menerima beban pengendara dan dijadikan patokan untuk mengukur tekanan angin shock sepeda. Bagaimana melakukan setting Sag terhadap shock breaker sepeda

Peralatan yang dibutuhkan.
  • Zip tie atau karet gelang
  • Pompa Shock
  • Pengaris






Cara mengukur sag shock depan jenis angin.
Pasangkan karet gelang atau zip tie pada silinder shock breaker, dan turunkan sampai posisi paling bawah.
Jangan lupa lepaskan setting rebound misalnya putar ke bagian negatif, sehingga shock tidak tertahan oleh rebound.



Baca tabel ukuran standar dibawah ini, dan panjang travel shock depan anda sesuai tabel. Misalnya shock sepeda depan anda adalah 100mm (10cm), maka ukuran awal untuk sag adalah 15-25mm untuk setting Enduro atau 10-15 untuk setting XC dan Race. Ukuran panjang Sag umumnya tidak melewati 1/4 panjang shock.


Satu lagi referensi bagi setting Sag dengan medan berbeda
Mengunakan ukuran secara umum untuk ukuran shockbreaker dengan panjang travel 80-100mm :
Medan CrossCountry dengan travel 80mm atau kurang, disarankan mengunakan angka 5 - 15% sag atas panjang travel shock
Medan Trail antara 15-20%
All Mountain antara 25-35%

Contoh angka Sag yang digunakan oleh Fox
sag setup
Travel
XC/Race FIRM
All-Mountain PLUSH
120 mm (4.75")
18mm (3/4")
24mm (1")
130 mm (5")
19mm (3/4")
26mm (1")

Langkah try error mengukur sag untuk front shockbreaker
  • Set tekanan shock depan sesuai standar shock breaker asli, misalnya 100psi, atau hitung berat badan anda sebagai angka awal tekanan PSI fork depan.
  • Coba anda duduk secara perlahan ke sadel sepeda, sampai posisi tubuh anda seperti mengendarai sepeda. Sehingga shock bagian depan mulai turun dan mengeser marking karet / zip tie, karena mendapat tekanan penuh layaknya sedang dikendarai.
  • Turun kembali dari sepeda anda secara perlahan dan ukur seberapa jauh shock anda turun. Dan melihat pergerakan karet atau zip tie yang bergesar dari titik awal dasar shock breaker. 
  • Bila posisi zip tie atau karet yang dijadikan tanda ternyata kurang naik sesuai ukuran (misalnya shock dengan travel 100mm memiliki sag 15-25mm), kurangi angin tekanan shock kembali. Misalnya tekanan 100psi, diturunkan menjadi 95psi dan seterusnya.
  • Bila posisi zip tie atau karet yang dijadikan tanda ternyata terlalu dalam turun atau posisi zip tie terlalu naik, tambahkan angin pada shock breaker.
  • Lalu duduk kembali ke atas sepeda secara perlahan seperti langkah awal. Sampai mendapatkan sag yang tepat, misalnya untuk shock panjang 100mm memiliki angka antara sag 15mm, dan anda merasa mendapatkan ukuran yang cocok dengan ukuran Sag 15mm.
  • Selesai mendapatkan ukuran yang tepat, misalnya Sag yang anda pilih adalah 15mm. Catat pada tekanan pompa shock, ukuran PSI tersebut adalah ukuran yang sesuai dengan shock dan tekanan sag untuk sepeda anda. Penyetelan Sag tahap awal shock breaker sepeda anda sudah selesai.
  • Proses terakhir adalah kenyamanan. Mungkin angka tekanan terakhir yang didapat masih kurang nyaman bagi anda. Anda bisa kembali menaikan dan menurunkan tekanan angin untuk fork sampai mendapatkan tekanan yang tepat. Dengan catatan tidak melewati batas anjuran yang diberikan.
Gambar dibawah ini menunjukan bahwa Sag shock depan anda turun sepanjang 15mm ketika anda naik ke atas sepeda.



Bagaimana mengatur tekanan rear shock
Berapa tekanan shock belakang untuk sepeda. Ada beberapa pendapat untuk tekanan suspensi belakang
  • Buat marking dengan zip tie atau karet pada tiang shock, duduk dan lihat posisi pergerakan karet atau marking yang dibuat. Ukuran paling umum digunakan adalah pergerakan shock ketika anda duduk diatas sepeda maksimum 15-25% dari panjang travel shock. Angka ini tidak mutlak. Untuk jarak jauh bisa mengunakan tekanan 15-25% untuk menghadapi medan yang agresif, sedangkan jarak dekat dan mulus bisa mengunakan 5-25% saja
  • Perhitungan lain mengunakan berat badan (kg) dikali 2 sama dengan PSI untuk angin di rear shock. (Berat badan dalam kg X 2 = angka tekanan aingin PSI)
Berapa tekanan yang tepat bagi anda, cobalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan melihat aturan dari pihak produsen.

Catatan tentang setting Sag
  • Teknik setting diatas hanyalah panduan awal melalui panjang Sag. Tujuannya agar memudahkan pengukuran tekanan shock dengan setting sag standar. Tetapi ukuran tersebut bukan ukuran pasti. Ukuran kedua dapat dilihat dari rekomendasi produsen pembuatnya. Mengingat tidak semua shock breaker memiliki ukuran yang sama dalam tunning Sag. Ukuran ketiga, kenyamanan tekanan shock mengikuti selera si pengendara, anda bisa memilih angka minimum atau maksimum dari standar Sag yang diberikan.
  • Tidak memaksakan melakukan setting sag terlalu dalam, misalnya untuk membuat shock breaker lebih empuk, anda mengurangi tekanan angin terlalu berlebihan.  Efek membuat sepeda lebih berat ketika menanjak. Karena bagian shock depan akan menganyun turun naik lebih besar. Dan bahayanya bila tekanan shock terlalu rendah ketika mengunakan rebound dengan tahanan besar akan memperlambat laju naiknya shockbreaker keatas.
  • Ukuran Sag umumnya mengunakan kedalaman maksimum 1/4 (25%) dari panjang travel shock, ketika digunakan dalam pemakaian sehari hari maka kedalaman yang direkomendasikan hanya 1/2 dari panjang travel shock. Biarkan zip tie atau karet melingkar di tabung silinder shock, dan lihat kembali ketika sepeda digunakan pada medan sebenarnya. Bila tanda yang diberikan terlalu dalam atau melewati 1/2 dari panjang travel shock, ada baiknya meningkatkan kembali tekanan angin pada shock breaker. Bila anda sudah mendapatkan ukurang yang tepat, zip tie yang digunakan sebagai patokan bisa dilepas.
  • Sekali lagi cara mengukur Sag adalah ukuran standar yang dijadikan patokan mengukur tekanan awal bagi shock breaker jenis angin. Ukuran dapat disesuaikan oleh anda sendiri sesuai kebutuhan, kenyamanan dan keamanan dalam mengendarai sepeda.
  • Jangan lupa mencari data tentang tekanan minimum dan maksimum dari pabrikan pembuat shock breaker.
  • Ukuran sag untuk sepeda Downhill berbeda dengan tipe sepeda AM dan XC, umumnya ukuran Sag sepeda Downhill dapat direkomendasikan sampai 40%.
  • Setting umum untuk Sag : Travel 100mm kebawah disarankan mengunakan max 15% Sag. Travel 120 keatas, bisa mengunakan ukuran max 15-25%
  • Tetap aman dalam bersepeda dan tidak melakukan setting berlebihan adalah kata kunci menikmati sepeda anda.

Referensi lain dari pabrikan shock breaker dengan Sag.

Dibawah ini masing masing setting sag dibuat berbeda beda oleh pabrikan.

Produk  Magura
Wotan fork
Enduro, all-mountain
Sag: 20 to 25 percent.
Air pressure: five bar/70psi.
Rebound: five clicks from closed.
Albert Select dampening: blue knob
turns pedal platform on/off and gold
knob adjusts the threshold of the
latform “+/-” to rider preference.
Default is blue knob off and gold
knob dialed all the way clockwise.

Menja fork
All-mountain, cross-country
Sag: 20 to 25 percent.
Air pressure: Five bar/ 70psi.
Rebound: Five clicks from closed.
DLO (Dynamic Lockout):
off position.

Durin fork
All-mountain, cross-country
Sag: 20 to 25 percent.
Air pressure: five bar/70psi.
Rebound: five clicks from closed.
DLO (Dynamic Lockout):
off position.

Hugin shock
All-mountain, cross country
Sag: 20 to 25 percent.
Rebound: one half to one turn
from open.
Low speed compression: open up
to one turn from open.
High speed compression: open.

Produk Fox
F120 RLC fork
Cross-country, trailbike
Sag: 20 to 24 millimeters.
Low-speed rebound: five to seven
clicks out from closed.
Low-speed compression: four
clicks out from closed.
Lockout blow-off threshold:
eight clicks out from closed.
36 Float RC2 fork
All-mountain
Sag: 30 millimeters.
Low-speed rebound: seven to
eight clicks out from closed.
Low-speed compression: seven
clicks out from closed.
High-speed compression: seven
clicks out from closed.
40 RC2 fork
Downhill
Sag: 40 to 45 millimeters.
Low-speed rebound: six to eight
clicks from closed.
Low-speed compression: five
clicks out from closed.
High-speed compression: five
clicks out from closed.
Produk Manitou
Drake Super, R7 Super and Minute Super MRD (TPC) forks
Trailbike
Sag: ten to 15 percent.
Low-speed rebound: halfway out
from closed.
Low-speed compression: one or
two clicks in from open.
Drake Super, R7 Super and Minute Super MRD (ABS) forks
Trailbike
Sag: Ten to 15 percent.
Low-speed rebound: halfway out
from closed.
Low-speed compression: two
clicks in from open.
Platform: three to five clicks
from open.
Dorado fork
Downhill
Sag: 20 to 25 percent.
Low-speed rebound: halfway
out from closed.
Low-speed compression: seven
clicks in from open.
High-speed compression:
nine clicks in from open.
Nixon and Travis forks
Downhill
Sag: 20 to 25 percent.
Low-speed rebound: halfway
out from closed.
Low-speed compression: one
and a half turns in from open.
Produk Marzocchi
Corsa fork
Cross-country
Set this first: PAR—115-130psi in
bottom air valve (more air equals
more bottom-out resistance)
Sag: 12 to 20 millimeters.
Low-speed rebound: ten to 15 clicks
out from closed.    
Compression: on for climbing, off
for descending.
TST micro: adjust small gold knob
one revolution from closed.
XC 700ATA, XC 600ATA forks
Trailbike
Set this first: PAR—115 to 130psi
in bottom air valve
Sag: 20 to 28 millimeters.
Low-speed rebound: ten to 15
clicks out from closed.    
Compression: on for climbing,
off for descending.
TST micro: adjust small gold knob
one revolution from closed.
55 ATA fork
All-mountain
Set this first: PAR—115 to 130psi
bottom air valve.
Sag: 28 to 40 millimeters.
Compression: on for climbing, off
for descending.
TST micro: adjust small gold knob
one revolution from closed.
66 ATA RC3 fork
Downhill
Set this first: PAR—115 to 130psi
in bottom air valve.
Sag: 28 to 40 millimeters.
Low-speed rebound: ten to 15 clicks
out from closed.
Compression: two to five clicks
from open. (Air valve under rebound
adjuster knob to be used as pressure
relief only)
888 RC3, 888 RC3 forks
Downhill
Sag: 28 to 40 millimeters.
Low-speed rebound: 15 to 20 clicks
out from closed.
Compression: two to five clicks
from open.

Fungsi Pompa Shockbreaker

Anda baru memiliki sepeda dengan shock breaker angin, anda perlu memiliki pompa shock. Mengapa diperlukan, karena pompa shock memiliki fungsi untuk mengatur tekanan shock  Bagaimana mengunakan pompa shock, lalu apa saja yang perlu di perhatikan.

Seperti penjelasan diatas, mereka yang baru memiliki sepeda atau baru menganti shock breaker untuk garpu depan atau shock belakang tipe angin. Diharapkan memiliki peralatan pompa shock. Umumnya tekanan angin pada shock breaker sepeda datang dengan ukuran standar. Misalnya fork depan umumnya mengunakan default pabrik 100psi. Bila anda belum mengatur ulang tekanan shock, anda pasti mengira sistem suspensi shock breaker sepeda anda bermasalah, dan terasa kurang empuk atau terlalu empuk. Mengapa demikian, karena tekanan angin shock breaker datang ukuran rata rata atau default dari pabrikan.

Ukuran tersebut belum tentu cocok dengan berat badan si pengendara, bisa terlalu besar bagi sebagian pengendara atau mungkin saja terlalu rendah. Disini dibutuhkan pompa shock, untuk mengatur ulang tekanan udara shock breaker tipe angin.  Bagaimana menambah dan mengurangi tekanan pada shock breaker sehingga pas dan nyaman bagi pengendara. 

Penjelasannya ada dibawah ini
Ada perbedaan pompa shock sepeda dengan pompa untuk ban, walaupun keduanya dapat mengisi angin untuk ban tipe pentil Schrader dan shock breaker. Karena lubang pentil shock sepeda untuk mengisi angin dan pentil ban memiliki ukuran yang sama dengan ukuran Schrader , tetapi pompa ban sulit digunakan untuk mengisi angin pada shock sepeda. Dipaksakan bisa saja, tapi tidak akurat sama sekali.

Alasannya dibawah ini :
  • Pompa ban rata rata tangan rata rata memiliki tekanan max 100 psi , sedangkan pompa shock umumnya lebih besar dari 100 psi
  • Pompa shock lebih presisi, karena memiliki pressure release. Fungsi pressure release untuk mengurangi tekanan angin pada shock sesuai kebutuhan. Pompa ban tidak memiliki presure release, bila anda mengisi angin dengan pompa ban. Anda harus melepas/mengeluarkan angin secara manual dengan menekan tuas valve pentil secara perlahan. 
  • Pompa shock memiliki indikator tekanan angin atau gauge meter lebih akurat. Perbedaan 5 - 10 psi pada tekanan shock akan berbeda efeknya.
Bentuk pompa shock breaker untuk sepeda seperti gambar dibawah ini. Bentuknya seperti pompa mini dengan silinder kecil. Dibuat dengan silinder kecil, agar tekanan pompa shock mencapai 300 bar. Dengan ukuran silinder kecil maka tekanan angin pada pompa bisa ditekan dengan tangan saja

Ada 4 bagian penting pada pompa shock. 1. Tuas pompa, 2 Pressure gauge (indikator level tekanan), 3 Slang pompa, 4 pressure release (pelepas angin). 
Untuk penjelasan fungsinya dan gambar dibawah ini




Pressure Gauge, untuk melihat tekanan angin pada shock breaker. Termasuk catatan bagi si pemilik, seberapa besar tekanan yang biasa dipakai.



Pressure release, alat ini bentuknya seperti knop / tombol (gambar bawah dengan bulatan hitam). Ketika knop ditekan maka akan keluar angin dan indikator meter tekanan akan turun. Fungsinya tentu untuk mengeluarkan angin yang berlebih. Contoh, anda memberikan tekanan sampai 100psi pada shock anda. Tetapi yang dibutuhkan adalah 80psi. Cukup menekan pressure release untuk menurunkan tekanan angin pada shock beberapa kali untuk mengurangi tekanan angin sampai mendekati angka 80 psi.



Selang pompa. Ukurannya sama seperti pentil / valve Schrader pada ban sepeda. Tetapi pemasangan mulut slang pompa harus diputar, mirip seperti memasang baut. Ketika diputar maka bagian paling dalam akan menekan valve / pentil shock breaker. Sampai pada posisi baut pompa semakin kencang, maka tekanan angin pada shock dan pompa akan terhubung dan seimbang.




Bagaimana mengisi angin pada shock breaker dengan pompa shock
Seperti gambar dibawah ini, adalah lubang angin untuk shock atau pentil shock breaker. Hubungkan slang pompa ke pentil lalu putar baut luar searah jarum jam pada baut slang pompa



Pemasangan seperti gambar dibawah ini. Sampai posisi baut mengencang, maka jarum pada meter pressure gauge akan naik. Angka pada pressure gauge menunjukan tekanan angin didalam shock.



Selesai mengisi angin atau mengatur ulang tekanan angin pada shock breaker. Tinggal melepas slang pompa dari shock. Dengan memutar ulang searah kebalikan jarum jam pada dan melepaskan slang pompa dari pentil shock. Bila tekanan terlalu besar, gunakan knop pressure release untuk mengeluarkan sebagian angin.

Apa yang perlu diperhatikan ketika mengisi angin untuk shock breaker angin :
  • Pentil untuk mengisi angin pada shock breaker sepeda selalu diberikan penutup, fungsinya untuk menghindari kotoran masuk pada mulut pentil. Jagalah kebersihan pada slang pompa dan mulut pentil shock. Jangan biarkan debu atau kotoran mengotori bagian silinder bagian dalam shock breaker.
  • Ketahui berapa tekanan yang dibutuhkan pada shock anda.
  • Pompa shock dapat digunakan untuk shock depan dan belakang.
  • Pompa shock umumnya digunakan ketika diperlukan saja. Sesuai kondisi, anda perlu memeriksa ulang tekanan shock breaker anda secara berkala. Apakah 2-3 bulan sekali, untuk memeriksa apakah tekanan angin pada shock telah berkurang.
  • Perhatikan juga tipe sistem suspensi shock anda, apakah memiliki pentil tunggal atau dual. Beberapa model shock produsen tertentu memiliki lubang pentil pada bagian atas dan bawah, untuk mendapatkan keseimbangan pada tekanan plus dan minus. Sedangkan model standar biasanya hanya memakai 1 pentil dibagian atas.

Berapa tekanan angin pada pompa shock yang dianjurkan. Informasi tersebut dapat dibaca dibawah ini

Mengukur tekanan shock breaker depan dengan PSI sag.