Selasa, 20 November 2012

Frame Sepeda Generik, Apa Sih ?


Ada istilah di kalangan para cyclist, yang disebut sebagai FRAME SEPEDA GENERIK. Sebenarnya apa sih maksudnya frame sepeda generik? Istilah tersebut ternyata digunakan untuk menunjukkan frame sepeda yang diproduksi sebagai tiruan dari model dan merek aslinya (biasanya model dan merek tersebut berasal dari produsen ternama).
frame-sepeda-generik
Ada juga yang meng-istilahkan frame tiruan tersebut sebagai replika skala 1:1 atau sepeda bajakan. Secara umum, FRAME SEPEDA GENERIK juga layak dipakai sesuai dengan peruntukannya, karena pada umumnya mereka sudah dibuat dengan sistemwelding dan casting modern. Namun memang, soal kualitas tidak bisa dibandingkan dengan frame aslinya.
Disinyalir, FRAME SEPEDA GENERIK kebanyakan mempunyai geometri yang kurang presisi. Jenis material yang digunakan pun, misal aluminium yang digunakan kebanyakan masih menggunakan aluminium tipe 6061 dimana kekuatannya tidak sebanding dengan jenis aluminium frame aslinya, yang menggunakan kualitas material aluminium lebih baik (generasi baru yang lebih ringan sekaligus lebih kuat). Hal ini tentu berpengaruh pada perbedaan kenyamanan.
So, beda teknologi, beda kualitas tentu beda harga. Ini berlaku bagi FRAME SEPEDA GENERIK dibanding merek aslinya. Harga sebuah frame generik bisa didapati dipasaran dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah. Pangsa pasarnya tentu hobiis bersepeda dengan budget terbatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar