Minggu, 18 November 2012

KRAM KAKI SAAT BERSEPEDA DAN CARA MENGATASINYA


Kram Kaki Saat Bersepeda, apakah Sobat pernah mengalaminya? sungguh menjengkelkan bukan, ketika terjadi berulang dalam sebuah trip seringkali hal ini membuat putus asa, rasanya mending naik ‘Taxi’ saja, demikian kata seorang rekan dalam sebuah trip gowes kami ke Gunung Pengki minggu lalu. Ketika itu Kram Kakisecara berulang mendera otot kakinya.
Kram Kaki Saat Bersepeda
Kram adalah kejang otot mendadak yang menimbulkan rasa nyeri. Kejang otot seperti ini sering terjadi ketika kita sedang tidur, tetapi juga bisa karena aktivitas fisik yang berat, misalnya lari, berenang, teramasuk Kram saat bersepeda.
Apa sebenarnya penyebab Kram ini? khususnya Kram otot kaki saat bersepeda. Hingga kini penyebab kaki kram masih belum jelas, tapi ada beberapa faktor yang membuat seseorang terkena kram. Jika seseorang sudah lama atau tidak pernah mengayuh sepeda, maka ia bisa mengalami kram kaki karena tubuh tidak terbiasa mengayuh.
Beberapa faktor penyebab Kram otot kaki kami sarikan dari beberapa sumber, diketahui sebagaiberikut:
  1. Kurangnya aliran darah ke otot yang disebabkan adanya penumpukan asam laktat pada aliran darah akibat metabolisme tubuh yang kurang sempurna.
  2. Kondisi udara yang dingin menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh yang terganggu sehingga sekali lagi mengganggu aliran darah dalam tubuh
  3. Kram dapat disebabkan kelelahan (biasanya terkait dengan Lamanya waktu atau durasi mengayuh tanpa istirahat), dehidrasi atau kekurangan cairan dan elektrolit, terutama Kalium dan Natrium
  4. Bisa juga akibat trauma yang dialami oleh tulang atau otot
  5. Kekurangan Magnesium maupun Kalsium
  6. Kekurangan Vit. B1, B5 dan B6.
  7. Beberapa obat, seperti obat pelancar kemih dan penurun/peluruh lemak juga bisa menyebabkan kram.
  8. Para penderita Hiperkolesterol dan Diabetes. Hal ini disebabkan sirkulasi darah ke otot yang kurang baik karena tingginya kolesterol dalam darah atau pembuluh darah yang mudah rusak
  9. Pada Ibu Hamil, kram dapat berhubungan dengan berat badan yang berlebih sehingga serabut syaraf pada kaki tertekan.
Lalu apa langkah yang mesti kita lakukan jika Kram Otot ini mendera di tengah aktvitas bersepeda kita, berikut tipsnya.
  • Jika kekejangan otot terjadi saat Anda bersepeda (atau aktivitas olahraga lainnya), sebaiknya segera berhenti mengayuh sejenak dan mencari tempat untuk beristirahat. Setelah itu lakukan peregangan dan pijat di daerah yang mengalami kram tersebut. Melakukan kompres juga bisa membantu mengurangi otot yang sakit.
Selain itu, Kram otot kaki selama bersepeda sebenarnya juga bisa dicegah, caranya:
  • melakukan pemanasan dengan peregangan, berjalan atau bersepedalah secara ringan/santai selama 5-10 menit..
  • mulailah bersepeda secara bertahap, dalam arti jangan langsung mengayuhsepeda dalam jangka watu atau durasi yang lama. Secara bertahap intensitas dan durasinya meningkat, hal ini untuk menghindari kelelahan otot.
  • Jangan makan terlalu berat sebelum berolahraga, karena makanan tinggi kalori akan membuat tubuh mengalirkan darah ke sistem pencernaan terlebih dahulu untuk membantu proses pencernaan makanan. Sementara itu, saat mulai berolahraga, darah akan ditarik dari perut dan dialirkan menuju otot, sehingga proses pencernaan akan terganggu dan menimbulkan perasaan mual, sakit perut, bahkan muntah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar