Selasa, 20 November 2012

Manfaat Kopi Bagi Pesepeda


Manfaat Kopi Bagi Pesepeda? tidak salah bahas nih? padahal waktu lalu kami sempat menyatakan untuk menghindari kopi saat bersepeda. Ya benar, pada posting “Tips Menghindari Dehidrasi Saat Bersepeda” kami nyatakan untuk menghindari kopi, namun dalam konteks menghindari mengkonsumsi kopi sebagai minuman pengganti cairan tubuh, dalam bahasa mudahnya hindari konsumsi kopi saat Sobat merasa haus apalagi dehidrasi kala bersepeda. Di luar konteks tersebut ternyata Kopi memiliki manfaat bagi pesepeda, berikut ulasannya.
manfaat kopi bagi pesepeda
Dalam sebuah journal Cycling Fitness dilansir bahwa Kopi memiliki manfaat besar bagi performa bersepeda. Sejumlah penelitian melakukan stimulasi pada sistem pusat saraf, dengan media kafein kopi dan menunjukkan konsumsi kafein sebelum aktivitas fisik dapat membantu memerangi kelelahan dalam sebuah aktivitas fisik yang memerlukan daya tahan tubuh (endurance).
Ada juga beberapa bukti bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak , lebih lanjut dapat otot meningkatkan daya tahan. Namun, kemudian menjadi perdebatan soal takaran ideal konsumsi kafein dalam kopi untuk mendapatkan manfaat positifnya. Beberapa menganjurkan takaran 3mg per kilo berat badan, sementara yang lain ada yang menyatakan 6mg bahkan 9mg.
Masalah terbesar yang yang mungkin muncul sebagai akibat dari konsumsi kaffein dalam kopi berlebihan jika tidak memenuhi takaran ideal diantaranya detak jantung yang tidak normal/berlebihan, insomnia, dan kecemasan.
“Grey Area” tersebut (kesenjangan antara manfaat positif dan efek samping) telah mendorong para peneliti dari Australia melakukan investigasi sebenarnya berapa takaran ideal konsumsi kopi untuk dapat kita rasakan manfaat positifnya.
60 Pesepeda diminta untuk melakukan aktivitas bersepeda time trial selama 60 menit, dengan treatment konsumsi kafein menjadi 3 kelompok: 3mg, 6mg dan tanpa konsumsi kafein. Mereka kemudian dimonitor seberapa cepat mereka menjalani tiap-tiap trial.
Hasilnya, pesepeda dengan treatment konsumsi kafein dapat melakukan trial lebih cepat dibanding yang sama sekali tidak mengkonsumsi kafein.
Meski terbukti, signifikansi terhadap peningkatan performa akibat kafein/kopi ini belum sepenuhnya diakui oleh seluruh scientist. Dalam mengkonsumsinya pun kita harus bijaksana, yang paling mudah tanyakan pada diri Anda apakah memang Anda penikmat kopi? tidak memiliki keluhan asam lambung yang tiba-tiba meningkat sesaat setelah menkonsumsi kopi? jika jawaban kedua pertanyaan tersebut “iya”, silahkan Anda buktikan Manfaat Kopi Bagi Pesepeda yang baru saja kami paparkan, Eitttss…Jangan berlebihan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar