Minggu, 18 November 2012

"NGICIK RACE" KONSEP BALAP SEDERHANA YANG TETAP MENYEHATKAN


NGICIK RACE, pernah dengar atau baca? belakangan saya baru tahu bahwa istilah ini populer di kalangan para cyclist (pesepeda) untuk menyebut sebuah konsep balap/racing sepeda yang sangat sederhana, mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
Pada konsep BALAP NGICIK (NGICIK RACE) para pesertanya diharuskan mengendarai sepeda dengan gigi paling ringan, dimana pada penggunaan umumnya teknik penerapan gigi ringan ini digunakan untuk menghadapi tanjakan panjang atau melatih daya tahan pengendara untuk meningkatkan stamina (endurance), memacu putaran pedal cepat tetapi ringan.
Dikatakan bahwa konsep race dengan kayuhan ngicik ini bisa jadi adalah konsep lomba yang digelar secara resmi pertama di dunia. Dan konsep lomba ini bisa dikatakan sangat sederhana karena trek yang dibutuhkan pun tidak muluk dengan obstackle/rintangan dengan standar khusus, panjang jalur trek tertentu. Kenapa demikian, karena NGICIK RACE ini bisa diselenggarakan di mana saja, di lingkungan perkantoran (seperti yang diselenggarakan rekan2 Kompas-Gramedia Group misalnya), dengan sedikit modifikasi memungkinkan untuk juga dilakukan di lingkungan komplek Sobat cyclist :)
Sederhana? berarti minim modal? benar, modal panitia selain mempersiapkan trek, beberapa paket hadiah sebagai hiburan, cukup tambahkan zip tie sebagai modal NGICIK RACE, untuk memastikan semua peserta menggunakan gigi ringan, semua sproket atau gigi belakang sepeda diikat dengan zip tie. Jadi tidak bisa pindah gigi selama perlombaan.
NGICIK RACE ini bukan adu kuat, tetapi peserta harus adu napas dan tercepat dalam beberapa putaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar