Senin, 17 Desember 2012

Apa Saja Yang Perlu Kita Persiapkan Untuk Bersepeda Gunung ?


Peralatan untuk bersepeda bagi pemula

Berpergian dengan sepeda gunung memang menyenangkan. Melihat pemandangan ke jalan ditepi kota seperti masuk kedalam kampung dengan banyak pohon rindang. Atau masuk ke pinggiran hutan, kebun teh sampai lebih tinggi lagi sampai ke puncak gunung dengan sepeda. Tetapi berkendara dengan sepeda tidak berarti anda bebas dari segala macam hambatan. Perlu dipikirkan medan yang harus dilewati, apakah sekedar jalan tanah sampai jalur berbatu di pinggir gunung. Bisa dibayangkan bila mengalami sesuatu dimana sulit dijumpai orang untuk meminta pertolongan. Khususnya di dearah terpencil yang kemungkinan tidak terjangkaunya signal handphone. Sepeda rusak di tengah jalan, hemm, urusan akan panjang.

Apa saja yang perlu dipersiapkan bila ingin bersepeda ke daerah agak terpencil, dimana anda perlu melakukan tindakan darurat dari pengobatan sampai perbaikan sepeda. Tidak perlu setiap pengendara membawa satu persatu peralatan dibawah ini, tetapi dapat saling berbagi. Minimal setiap group kecil memiliki 1 perangkat, dan 2 ban cadangan untuk satu group pesepeda.

Tools 30%


Tools atau kunci L bagi sepeda gunung adalah perangkat paling penting dan perlu dibawah. Minimal dalam 1 group harus membawa 1 perangkat tersebut. Apa saja yang bisa ditangani oleh alat ini.

Biasanya untuk memperbaiki posisi sadel / tempat duduk.Tidak semua pesepeda pernah mengalami hal yang satu ini. Tetapi beberapa pesepeda baru dimana mulai mencocokkan posisi sadel dan perlu perangkat kunci L. Fungsi untuk memperbaiki posisi maju mundur sadel atau posisi sadel ternyata berubah karena harus menahan penunggangnya. Juga bagi mereka yang mengunakan frame carbon. Umumnya frame carbon mengunakan kunci L untuk mengencangkan tiang sadel (seatclamp) atau seatpost. Hal ini diperlukan bagi pemilik frame carbon agar selalu membawa kunci L bila berkendara sepeda di jalur pengunungan yang naik turun. Lupa menurunkan sadel ketika menuruni jalan curam, bersiap saja terlempar dari sepeda.

Tools kunci L juga berguna untuk memperbaiki posisi caliber discbrake atau bergeser ditengah jalan. Alat ini juga membantu bagi mereka yang mengunakan jenis rem hidrolik. Ketika membawa sepeda dengan ban terlepas dikendaraan, bisa saja tuas rem tertekan secara tidak sengaja. Hal ini membuat bagian brakepad menutup. Kunci dengan obeng minus diperlukan untuk membuka brakepad yang menjepit. Bila tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya menganjal bagian rem hidrolik dengan plastik khusus untuk rem hidrolik. Atau memasukan uang logam kecil untuk menganjal brakepad.

Tool juga berguna untuk mengencangkan baut stem sepeda. Sepeda yang terlihat baik dijalan raya, belum tentu baik bila dibawah ke jalan kasar. Posisi stem biasanya baru berubah ketika sepeda diajak kejalan berbatu. Stem bisa saja kendor dan merosot, dan bergeser karena getaran dari shock sepeda. Bisa dibayangkan bila didalam perjalanan, ternyata posisi stem menjadi kendor membuat stang anda miring.



Ban dan pompa ban 100%


Ban bocor paling sering terjadi. Dari pengalaman kami bersama rekan rekan lain, selalu mengalami ban bocor dalam melakukan perjanan. Apakah melintas dengan sepeda di jalur pengunungan atau dijalan biasa. Persentase sekitar 25%, dan bisa dialami oleh siapa saja. Baik jalur berbatu, jalan tanah sampai dijalan raya terkadang membuat ban dalam bocor.

Hal yang sering terjadi adalah jalur berbatu, umumnya ban mengalami snake bit, atau bocor secara tiba tiba tanpa ada bekas tusukan dari luar seperti paku, beling sampai bekas kayu runcing. Kejadian yang sering terjadi biasanya pada pertengahan jalan sampai hampir pulang.

Kejadian ban bocor akibat snake bite sebenarnya bisa ditanggulangi dengan mengukur tekanan ban tidak terlalu rendah, dan melindungi velg / rim sepeda dengan rim tape. Tidak peduli sebagus apa sepeda anda, sehebat apa persiapan anda. Ban bocor bisa terjadi, bahkan berulang kali terjadi bila kondisi rim dan tekanan ban bermasalah.


Jangan pernah mengira bocornya ban dari sisi luar hanya disebabkan oleh benda tajam. Dari pengalaman kami, ban bocor sering disebabkan benda yang sangat kecil, bahkan dari cacat ban luar dapat merusak ban dalam. Beberapa penyebab ban bocor dari sisi luar 

Beling / kaca, pecahan kaca mobil dijalan bisa menusuk ban sepeda dan menyebabkan bocorya ban dalam. Sekecil apapun bentuknya, beling atau kaca sangat tajam. Dengan mudah menyusup walaupun bentuknya hanya seukuran ujung jarum. Bila sudah masuk kedalam ban luar dan bersembunyi diantara kulit ban luar. Hal tersebut semakin sulit menemukan dimana penyebab kebocoran dari ban dalam sepeda.

Benda logam , seperti paku kecil, kawat atau potongan kayu yang keras bisa menyebabkan kebocoran ban. Tidak peduli seberapa kecil benda yang terlintas oleh ban sepeda, bila berhasil masuk ke kulit ban luar , selanjutnya akan masuk dan terus mengores ban dalam. Hasilnya pasti ban dalam akan bocor

Mutu ban (ban cacat), bisa menjadi penyebab ban bocor. Ban dalam tipis akan membuat ban mudah bocor. Demikian juga serat pada ban luar yang tidak sempurna, misalnya sering digunakan dimedan berat. Serat ban dapat sobek atau putus. Sekecil apapun benang ban luar yang rusak, bila sudah naik akan mengores ban dalam. Tetapi kejadian yang satu ini agak jarang terjadi dibandingkan ban bocor karena dampak snake bite atau sisi dari luar.

Dari sisi ban dalam. Tekanan ban terlalu rendah bisa mengakibatkan kebocoran. Ketahanan dari mutu ban dalam terkadang bocor akibat tidak tahan menghadapi benturan di lintasan. Lubang pada jari jari pada velg / rim sepeda, bisa mengores ban dan membuat lubang sangat kecil

Mengapa ban luar sepeda sangat rentan terhadap tusukan benda kecil. Alasannya sederhana, bansepeda bukanlah ban mobil dengan lapisan kulit yang tebal. Ban sepeda seperti jenis ban lipat / folding dibuat sangat ringan dan tipis. Untuk menangulagi hal ini, pastikan membawa ban dalam cadangan dengan pompa. Karena kejadian ban bocor selama perjalanan sering terjadi.

Pastikan sebelum memasang ban dalam cadangan, dengan memeriksa dinding ban luar di sisi dalam. Terkadang anda tidak bisa menemukan apa penyebab kebocoran pada ban dalam. Dengan meraba bagian dinding dalam, memungkinkan ada benda kecil yang menusuk ban dalam bisa ditemukan. Bila anda lupa memeriksa, dan masih ada benda tajam yang tertinggal didalam. Dijamin ban baru akan kempes kembali.

Bila tidak menemukan sumber penyebab, usahakan bawa pulang ban dalam yang bocor. Dan periksa ulang ban bocor anda lalu dicelupkan ke bak air. Cari dimana titik terjadinya kebocoran, dan menyamakan posisi titik pada bagian yang bocor pada bagian ban luar serta velg / rim sepeda dan ban luar. Terkadang penyebab ban bocor akibat benda tajam bisa menyusup kedalam ban luar, ketika diperiksa ternyata tidak ditemukan sumber penyebab kebocoran. Dengan memeriksa ulang, diharapkan anda dapat menemukan posisi dari benda tajam yang tersembunyi.

Ban luar tipis memang enak ?, resikonya. 95%

Ban luar yang ringan dan tipis memang nyaman digunakan. Tetapi terlalu tipis bisa membawa bencana. Ini cerita dari seorang rekan mengunakan ban luar jenis race, beratnya lebih rendah 150g dibandingkan ban sejenis. Memang ringan, dalam kondisi medan normal sangat nyaman. Nyatanya baru digunakan 1 kali memasuki medan XC, ban mengalami kebocoran 2 kali. Mengunakan ban yang tipis dan ringan memang membuat nyaman. Tetapi bisa dibayangkan ban dalam seperti tidak terlindungi oleh ban luar. Kecuali anda ingin menikmati ringannya ban sepeda anda, dengan membawa 1 lusin ban dalam sebagai cadangan.

Jangan terpengaruh dengan kemampuan sebuah ban luar sepeda yang ringan. Pilih yang bermutu baik, tidak perlu terlalu ringan, yang penting aman bagi anda.
Membawa makanan dan minuman, tetap penting. 75%
Bersepeda berjam jam, bahkan melewati jam makan biasa akan bermasalah bagi mereka yang memiliki penyakit pada pencernaan. Tetapi bukan berarti anda harus membawa makanan banyak dan memakan seperti biasa selama perjalanan. Perut akan terguncang oleh makanan didalam perut, kenyang didapat tetapi mual bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Boleh saja membawa makanan ringan tetapi tidak terlalu banyak. Ada saran terbaik, bawalah makanan seperti agar agar atau gel. Karena cairan gel akan terserap oleh tubuh. Atau makanan berserat dalam bentuk bar, banyak dijual di toko swalayan.
Buat mereka yang berkeringat lebih memang disarankan membawa air lebih banyak. Tetapi perlu diperhitungkan beban yang dibawah. Tanyakan rute perjalanan, apakah akan menemui warung atau penjual air. Membawa cadangan air terlalu banyak akan menambah beban dalam berkendara. Bahkan membuat pengendara limbung selama perjalanan. Bawa saja air secukupnya, sesuai kebutuhan. 



Peralatan P3K 10%

  • Perlatan P3K seperti obat merah, spray anti kram, plester untuk luka perlu dibawa.
  • Kejadian pengendara terjatuh atau sekedar tergores oleh ranting pohon biasanya dapat menimbulkan luka. Baik luka ringan maupun cukup besar perlu ditangani secara serius.
  • Kejadian dari kaki kram paling sering terlihat. Khususnya menghadapi jalur tanjakan dan pesepeda terus memaksakan untuk mengenjot. Ada baiknya membawa spray anti kram dan disemprotkan dilakukan ketika pesepeda mulai terasa akan mengalami kram . Jangan menunggu sampai terjadinya kram pada kaki, karena tidak terlalu efektif. Usahakan ketika timbul gejala dan langsung ditangani secepatnya. Istirahat secepatnya dan minta bantuan dari teman teman anda agar memperlambat perjalanan.
  • Mulas mendadak selama perjalanan. Nah ini dia kebiasaan yang sering terjadi. Antisipasinya sangat mudah,  bawalah tissue basah atau kertas tissue toilet cukup banyak. Bila keadaan sudah mendesak, carilah tempat air mengalir dan bersembunyi lalu pop disana. 
  • Saat ini banyak perlengkapan medik modern, seperti produk spray gel yang dapat melindungi luka. Lebih praktis dibanding plester atau obat merah. Harganya relatif lebih mahal, tetapi sangat efisien.

Peralatan GPS 5%

Anda tertinggal atau terlalu maju kedepan, sementara anda kurang mengetahui jalur yang akan dilewati lalu nyasar. Perangkat GPS sangat baik bila anda tersesat, atau lepas dari rombongan.
Memanfaatkan smartphone sebagai penunjuk arah juga diperbolehkan. Tetapi mengunakan smartphone seperti Android memiliki kelemahan dibanding GPS portable. Receiver satelit lebih lemah, khususnya medan tertutup pohon atau ketika cuaca mendung. Biasanya signal satelit sulit diterima oleh smartphone, dan baterai smartphone lebih boros dibanding GPS portable. Gunakan smartphone hanya dalam kondisi mendesak dengan mengaktifkan penerima signal GPS.
Perangkat GPS untuk Android dapat mengunakan aplikasi navigasi seperti MyTrails

Pemeriksaan untuk bersepeda bagi pemula

Periksa sepeda 85%
Sebelum berangkat, pastikan semua baut sepeda , rem dan tekanan shock anda dalam kondisi prima. Kondisi medan berat akan merubah semua keadaan sepeda anda didalam perjalanan. Langkah yang perlu diperhatikan seperti dibawah ini.
  • Lihat posisi rem sebelum keberangkatan, gunakan senter dan pastikan break pad atau canvas rem anda tidak menyentuh rotor (bila mengunakan discbreak). Anda harus memastikan kedua ban sepeda dalam kondisi prima. Karena dengan melakukan perjalanan ke jalur cross country, kedua kekuatan rem dan ban sepeda menjadi penting. Misalnya menghadapi turunan dengan kontur jalan kurang baik , maka posisi rem depan akan lebih diandalkan dibanding rem belakang. Demikian juga dijalan yang turun dan mulus, pesepeda harus mengunakan kombinasi ke 2 rem secara bergantian. Khususnya rem discbrake akan menjadi panas bila hanya 1 saja yang bekerja penuh.
  • Bila rem anda bermasalah, ada baiknya diperiksa ulang. Khususnya brakepad yang pernah terkena minyak sehingga tidak mengigit dengan kuat. Ganti brakepad yang telah terkontamisi minyak dengan yang baru. Dari pada anda celaka di perjalanan karena rem blong.
  • Periksa semua baut dan kencangkan sesuai torque / tekanan yang dianjurkan. Misalnya anda pernah mengalami masalah dengan perubahan posisi sadel karena kurang kencangnya baut penahan pada sadel dan seatpost. Periksa ulang kembali bagian yang pernah bermasalah dan kencangkan.
  • Pastikan shifter (<- Baca disini) anda (gigi sepeda) dalam kondisi prima. Akan sangat repot bila kondisi gigi sepeda tidak terpasang dengan baik. Terlebih menghadapi medan tanjakan, biasanya pemasangan shifter yang kurang benar membuat gigi sepeda terus melompat. Hasilnya anda akan capai sendiri, karena ketika jalan menanjak, gigi anda terus saja berpindah pindah.
  • Periksa tekanan shock breaker anda (bila shock air / tekanan angin). Jangan terlalu keras tetapi tidak terlalu kurang. Sesuaikan kondisi medan dengan tekanan shock depan dan belakang anda. Sesuaikan posisi rebound, misalnya jalur berbatu dengan durasi rintangan sangat rapat. Setting rebound ke posisi paling cepat. Dan sebaliknya ketika jalan dengan rintangan lebih jarang, bisa mengunakan setting rebound lambat.
  • Pastikan putaran baut seatpost clamp anda dengan baik. Ketika medan naik turun yang anda hadapi, tentu perlu menurunkan atau menaikan posisi sadel.
  • Pastikan kedudukan sadel anda dengan baik. Khususnya mereka yang memiliki beban berlebih. Ketika dirumah, setting mungkin terlihat baik baik saja. Tetapi diperjalanan posisi sadel bisa tidak karuan karena kurang kencang.
  • Kencangkan kembali Quick Release atau QR setelah ban di buka. Jangan sampai baut QR tertinggal dijalan ketika menaikan dan menurunkan sepeda.
  • Dompet, paling penting. Banyak pengendara lupa menyimpan dompet. Biasakan menyimpan dompet di tas ransel dan terbungkus dengan kantung plastik.
  •  Berikan pelumas pada rantai sepeda. Hal ini untuk mengurangi friksi atau gesekan.

Teknik pemindahan gigi sepeda gunung -  10%
Teknik pemindahan gigi selama berkendara sepeda gunung, memiliki teknik tersendiri. Banyak pengendara sepeda pemula asal memindahkan gigi seperti gigi matik kendaraan. Gigi sepeda benar benar gigi manual, memindahkan gigi ketika jalan menanjak akan rentan membuat rantai putus. Bila berkendara di jalan raya, kapan saja bisa melakukan pemindahan gigi. Sedang di medan alam seperti jalur XC ada teknik tambahan seperti dibawah ini.
  • Ketika menghadapi medan jalan menanjak atau mulai mendaki. Usahakan anda memindahkan ke gigi ringan, baik sebelum atau baru memasuki medan menanjak. Caranya dengan mempercepat putaran pedal sambil memindahkan gigi. Bila terlambat memindahkan gigi ke gigi paling ringan, turunkan satu persatu gigi belakang tanpa melepas power pada pedal. Bila terlambat, kecepatan sepeda langsung menurun dan sepeda menjadi lebih berat di kayuh.
  • Usahakan tidak memindahkan gigi dengan lompatan terlalu cepat, sementara power pedal sedang anda tekan penuh. Memungkinan rantai slip, bahkan beberapa kasus dapat mengakibatkan rantai putus.
  • Ketika melewati turunan, usahakan posisi gigi belakang pada titik tengah dan gunakan posisi ring tengah pada gigi depan. Jaga posisi gigi dengan power pedal agar tidak terasa loss / terasa kosong. Tetapi tidak memasang posisi gigi pada tingkat teringan. Karena membuat tiang RD menjulur kebawah. Resiko RD miring / patah bila membentur di medan jalanan yang menurun kadang bisa terjadi.
  • Jangan lupa, ketika posisi jalan menurun. Posisi pedal kiri dan kanan rata - horisontal dengan dengan jalan. Hindari menurunkan salah satu pedal, kecuali untuk keseimbangan ketika berbelok. Bila terhantam batu akan melukai kaki pengendara.


Pakaian dan perlengkapan lainnya. 70%

Gunakan celana khusus sepeda dengan bantalan pada bagian pantat. Ingat, khususnya pengendara sepeda MTB jenis hardtail. Anda akan merasakan tungangan anda seperti kuda liar. Jangan sampai pantat anda memar karena terus ditonjok oleh sadel anda.
  • Untuk pakaian sebaiknya mengunakan jenis polyester, karena ringan, mudah kering, tidak menyerap air dan lebih mudah melepas keringat.
  • Helm sepeda, mutlak diperlukan.
  • Gunakan sarung tangan sesuai kebutuhan anda. Ingat medan yang akan dihadapi bukanlah jalan bisa. Terkadang di lintasan berbatu membuat stang sepeda anda akan bergetar hebat. Sarung tangan dapat mengurangi pukulan dari stang kepada tangan anda. Selain itu berguna untuk melindungi gengaman tangan pada grip dibagian stang, sehingga tidak mudah terlepas.
  •  Jas hujan juga penting, kita tidak pernah mengetahui kondisi cuaca ketika berkendara sepeda. Carilah jas hujan yang agak ringan dan mudah dilipat.




Kondisi pengendara 95%

Banyak kecelakaan bagi pengendara sepeda , khususnya pada jalur crosscountry. Ada baiknya menyimak beberapa pengalaman rekan rekan pesepeda lainnya dibawah ini
  • Minuman yang perlu dibawa secukupnya. Anda bisa mengandalkan minuman elektrolit bila melakukan perjalanan diatas 2 jam.
  • Makan sebelum jam keberangkatan, usahakan 2-4 jam sebelum berangkat. Hindari makan besar selama perjalanan, kemungkinan perut anda akan terkocok.
  • Tidur yang cukup, banyak kecelakaan serius karena pengendara tidak mendapatkan tidur yang cukup. Konsentrasi bersepeda di jalur pengunungan sangat beresiko terjatuh. Dan diperlukan konsentrasi secara penuh ketika berkendara. Banyak pengendara sepeda mengalami kecelakaan, hanya disebabkan kurang tidur. 


Analisa medan 80%


Persiapan ban dengan medan yang akan dihadapi. Pastikan ban sepeda anda dengan tekanan ban yang tepat. Misalnya dijalur tanah bisa mengunakan tekanan ban antara 3-3.5 bar. Mungkin tekanan ban bisa dibuat lebih rendah lagi, untuk mengurangi getaran ketika bersepeda. Bila jalur becek / banyak melewati batu / jalan yang tidak rata. Tekanan ban dapat dilakukan dibawah 4 Bar. Tetapi jangan menurunkan tekanan ban terlalu rendah, resiko snake bit akan terjadi pada ban anda.

Apa dampak tekanan ban terlalu keras dan terlalu rendah :

Dampak tekanan ban terlalu tinggi, sepeda akan terasa memantul ketika melewati rintangan, sulit berbelok karena kerasnya ban tidak mengigit permukaan jalan. Tekanan ban terlalu rendah, kemungkinan ban dapat keluar dari rim / velg sepeda (khususnya ban jenis Folding). Dibawah ini tip lain untuk kondisi ban sepeda anda.
  • Dampak tekanan ban terlalu rendah. Menghadapi ban bocor semakin besar akibat snake bit, kurang efisien ketika dikayuh, malah sulit dikendalikan ketika berbelok karena tekanan ban terlalu rendah.
  • Berapa idealnya, tergantung kebutuhan anda. Ban juga berfungsi sebagai suspensi bagi sepeda.
  • Mereka yang lebih berat, bisa mengunakan tekanan lebih tinggi dari pengendara yang lebih ringan.
  • Ukuran ban dibawah 2.1" inch kebawah seharusnya mengunakan tekanan lebih tinggi dibandingkan ban berukuran 2.1" keatas.
  • Kulit ban yang tebal sebaiknya mengunakan tekanan ban lebih tinggi dibandingkan jenis ban yang lebih tipis.
  • Teknik lain yang lebih cepat, coba masukan tekanan ban sesuai rekomendasi yang ada pada ban luar anda. Misalnya 40 PSI, lalu coba kendarai sebelum anda masuk memulai perjalanan dan coba dibeberapa medan disekitar tempat anda. Lalu turunkan tekanan ban sampai anda merasa cocok dengan ukuran tekanan ban. Catat angka tekanan ban dari pompa anda, dan jadikan patokan tekanan ban tersebut untuk perjalanan mendatang. Catatan pemakaian tekanan ban yang cocok akan memudahkan diri anda menyiapkan sepeda dikemudian hari
  • Untuk pemula, jenis ban sepeda MTB sudah tersedia berbagai jenis. Sebaiknya mengambil jenis ban dengan model pertengahan yaitu tipe XC. Antara High Rolling dan Mud. Mengapa, karena ada 2 keuntungan dengan jenis ban di sisi pertengahan untuk XC. Seperti ban dengan knob atau tonjolan lebih rapat, sehingga lebih ringan ketika di genjot. Ban sepeda memiliki beberapa tipe baik high rolling, hyrid (kombinasi high rolling dan knob besar) dan knob besar (umumnya ditujukan untuk medan berlumpur). High rolling lebih cocok digunakan di medan kering, karena mengutamakan kecepatan ban jenis ini lebih enteng ketika di genjot. Sedangkan ban tipe knob umumnya memiliki ukuran tapak lebih besar dan jarang. Fungsinya untuk melintas di medan lumpur dan becek sehingga lebih mengigit permukaan tanah yang becek. Kelemahan tentu lebih berat ketika mengelinding, tetapi sangat mudah mengkontrol sepeda ketika melalui medan beck dan berlumpur. Artikel tentang ban, The Best Mud Tyres , Memilih ban sepeda, ada yang cantik
Berat beban yang dibawa dan barang yang tidak penting. 100%

  • Jangan membawa barang berlebihan pada ransel layaknya mau pindah rumah. Misalnya air kemasan untuk persediaan terlalu banyak sampai beberapa liter. Bawa saja secukupnya dan perhitungkan tempat pemberhentian untuk membeli air cadangan. Beban pada ransel terlalu banyak akan mengurangi keseimbangan dalam berkendara. Membuat pengedara sulit mengendalikan sepeda dan kurang keseimbangan. Walau kondisi jatuh terlihat biasa saja,terjatuh dari sepeda bisa berakibat fatal. Khususnya pada bagian punggung akan mendapat tekanan beban berlebihan ketika terjatuh.
  • Lindungi barang yang mudah rusak bila mungkin tidak perlu dibawa, seperti smartphone, camera harus diberikan perlindungan yang cukup. Bukan berarti anda sayang dengan barang yang anda bawa. Tetapi dampak psikologis ketika anda berkendara akan dipengaruhi oleh barang yang dibawa. Biasanya pengendara secara tidak sadar akan berusaha melindungi dirinya termasuk barang yang dibawa. Kondisi terjatuh dengan mengutamakan untuk menyelamatkan barang pada ransel, membuat tubuh merespon terbalik. Bukan lagi melindungi diri sendiri untuk jatuh secara rilek, malah reflek berusaha melindungi barang yang dibawah dengan tubuhnya sendiri. Pengalaman ini sudah sering terjadi ketika seseorang jatuh dan terluka pada bagian depan tubuh atau terluka parah, dengan alasan melindungi barang yang dibawa di ransel. Ingat - barang terjatuh dan rusak bisa dibeli lagi, tetapi tubuh anda tidak memiliki spare part.
  • Bila anda terjatuh dari sepeda, amankan diri anda. Jangan memikirkan barang yang anda bawa. Semua bisa dibeli lagi, tetapi tubuh anda tidak memiliki serep

Apa yang dicari dengan sepeda gunung

Apa yang anda cari dengan perjalanan sepeda gunung 100%
Apa yang anda cari dengan berkendara sepeda gunung. Membeli sepeda yang lumayan atau bagus, lalu untuk apa. Beberapa alasan membeli sepeda gunung ada dibawah ini

Sepeda gunung untuk berolah raga.
Alasan terbesar saat ini. Relatif lebih murah, memiliki variasi, dampak bagi kesehatan sangat baik. Kata sederhana, mencari olahraga dengan suasana lain. Karena sepeda gunung memiliki area sangat luas, bisa digunakan untuk on-road atau off-road. Sedangkan sepeda jenis lain umumnya hanya bisa digunakan untuk on-road saja.

Mencari teman dengan bersepeda.
Satu perbedaan dalam kelompok sepeda adalah berteman. Khususnya dengan sepeda MTB, umumnya memiliki penguna dengan rentang umur sangat luas. Dari yang muda sampai yang tua, dari umur 11 tahun (mungkin) sampai 60 tahun. Anda bisa bertemu dengan orang orang seperti itu. Yang lebih tua diberikan nama panggil Om.  Bila anda dengan rekan sepeda anda suka melakukan perjalanan di trek sepeda tertentu, pasti menemukan beberapa pesepeda lain. Baik dalam group kecil dan besar. Seperti itulah komunitas sepeda di negara kita.

Bertemu teman lama
Bisa dari teman kerja, bisnis, kuliah, atau teman sekolah dulu. Bisa berkumpul kembali dengan sepeda gunung. Anda bisa memulai dengan mengajak satu dan dua rekan, lalu mulai menyebarkan virus sepeda ke rekan lainnya. Semakin besar jumlahnya akan semakin menarik. Selain bernostalgia, akan berbeda dengan teman teman anda umumnya. Disini akan terjadi pembicaraan yang sangat luas, karena kembali bertemu. Umumnya pesepeda yang serius, sudah memiliki teman lain. Kelompok yang awalnya kecil menjadi semakin besar dengan tambahan kelompok lainnya.
Bisa saja kelompok kecil dianggap baru, sejalan dengan waktu kelompok sepeda kecil akan menjadi semakin besar dan semakin banyak teman.
Antara teman akan mengantarkan ke tempat tempat menarik yang belum pernah anda kunjungi. Lalu anda akan menceritakan lagi ke teman lain, dan mengajaknya melakukan perjalan yang pernah anda lalui. Dan begitu seterusnya.

Demikian artikel tentang persiapan sepeda bagi pemula. Jangan sungkan menjadi pencinta sepeda gunung, sepeda yang mahal tidak ada artinya bila tidak dipakai. Tentunya anda akan semakin banyak teman dan menambah nilai dalam hidup anda.

Artikel ini dikumpulkan berdasarkan pengalaman dari rekan rekan penggila sepeda gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar