Minggu, 02 Desember 2012

Tips Merawat Shock Breaker - Stanchion


Bagi pengguna sepeda awam, shock breaker (pada bagian fork maupun rear shock breaker) merupakan bagian yang kurang diperhatikan. Hingga pada suatu saat part tersebut mengeluarkan bunyi ‘berdecit’ atau fungsi redam ‘guncangan’ nya dirasa tidak mumpuni, dengan mudah saja kita memvonis bahwa shock breaker tersebut “udah enggak enak nih”, kemasukan debu ‘lah… Padahal harusnya kita bertanya “Seberapa seringkah kita merawatnya?”
Pada ‘sesi Tips & Trik’ kali ini, kami coba menulis singkat tentang bagaimana merawat shock breaker khusus untuk bagian Fork, terutama pada bagian yang disebut Stanchion.
Seringkali terjadi bagian Shock Breaker pada Form ini terasa tersendat/keras sehingga berkurang efek rebound-nya. Penyebabnya diantaranya, pada komponen Stanchion atau tabung silinder shock jarang di-lumasi. Sebelumnya, silahkan lihat terlebih dahulu gambar berikut, dimana posisi stanchion tersebut pada Fork.
Bagaimana memberikan pelumas pada Stanchion, atau memberikan pelumas pada batang shock breaker sepeda. Caranya mudah, cukup mencari bahan pelumas dengan kandungan teflon. Mengapa harus pelumas dengan kandungan teflon? Perlu di ingat bahwa penahan silinder tabung shock breaker atau Stanchion mengunakan bahan sejenis karet sehingga belum tentu tahan terhadap tingkat asam tinggi.
Misalnya anda mencoba mengoleskan pelumas dengan ‘minyak goreng’ atau turunannya. Efek yang diberikannya justru bisa merusak karet shock anda, karena karet menjadi melar, getas dan akhirnya rusak. Oleh karena itu, Bahan terbaik adalah pelumas dengan kandungan Teflon, salah satu bahan yang dapat melindungi karet dan batang silinder shock. So, hindari penggunaan pelumas dengan sifat asam atau turunannya.
Alternatifnya, kita bisa juga mengunakan pelumas khusus untuk melapisi Stanchion. Salah satu merk –maaf, bukannya promosi lho ya– pelumas yang sering digunakan Sobat biker diantaranya ‘Finish Line Chain Lube’ tipe Wet. Minyak ini bisa dimanfaatkan untuk pelumas rantai, komponen sepeda seperti Pulley sampai tiang shock / tube Stanchion (silinder shockbreaker).
Caranya:
  1. Bersihkan bagian Stanchion atau tabung silinder shock depan sepeda terlebih dahulu dan keringkan
  2. Berikan minyak Finish Line tipe Wet, dan oleskan disekeliling bagian karet Stanchion
  3. Tekan shock breaker sepeda, sehingga bekas minyak naik mengikuti tingginya travel shock anda.
  4. Tahap akhir, bersihkan sisa minyak yang tertinggal. Dan nikmati kembali kenyamanan shockbreaker anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar