Senin, 17 Desember 2012

Snake Bite Tyre, How & Why


Masalah dari Rim atau velg sepeda, dan kualitas Rim tape


Faktor dari dalam dan snakebite

Snake bite atau lubang sangat kecil yang membuat ban bocor bisa terjadi karena beberapa hal . Kebocoran terjadi biasanya terjadi karena ban sepeda mengalami benturan yang keras. Walaupun efeknya tidak selalu sama atau terjadi ketika anda sedang berkendara. Terkadang anda sudah pulang, ketika dirumah anda menemukan ban sepeda anda sudah kempes. Dibawah ini beberapa kejadian yang dikumpulkan dan dapat menyebabkan ban sepeda bocor dan terjadinya snake bite.

Masalah rim atau velg sepeda yang kurang baik atau kurang pelindung

Bisa jadi penyebab ban anda mengalami snake bite. Lubang kecil bisa terjadi di beberapa posisi.
Biasanya lubang kecil muncul dekat lubang pentil ban sepeda atau dinding rim sepeda
Untuk "Snake Bite"  umumnya sering terjadi karena ban mengalami benturan yang keras.
Hal lain terjadi pada sela lubang rim / velg jeruji sepeda. Walaupun rim sepeda anda sudah terlihat mengunakan rim tape dari pabrikan. Tetapi bisa saja mutu dari rim tape yang digunakan kurang berkualitas atau rim tape anda bergeser. Kejadian ban bocor umumnya banyak terjadi pada sisi bagian pentil sepeda. Walau hal ini tidak mutlak, bisa saja terjadi akibat gesekan dari ban dalam sepeda ke rim tape. Bagi mereka yang awam, biasanya mengabaikan masalah ini dan menganggap hal biasa.

Kejadian ban bocor menjadi hal rutin dan mulai terus berulang terjadi, sampai akhirnya sadar ada masalah pada rim anda.
Bila anda sering mengalami snake bite dengan posisi lubang yang menghadap atau kontak dengan rim anda. Cobalah menganti rim tape anda dengan mutu lebih baik. Seperti produk dibawah ini dari beberapa produsen ban juga mengeluarkan rim tape berkualitas bagi sepeda MTB.




Masalah tekanan ban terlalu rendah dapat menyebabkan snake bit


Masalah tekanan ban.

Hal ini juga sering menyebabkan ban bocor dengan lubang yang sangat kecil. Biasanya terjadi ketika anda sedang berkendara di medan berat dan ban kempes atau setelahnya itu ban kempes ditempat berbeda. Bisanya ban menghantam dengan keras dapat membuat ban dalam bocor.
Ada anggapan bahwa ban dalam dapat terhindar dari bocor dengan menurunkan tekanan ban. Ternyata hal itu terbalik, tekanan ban yang rendah malah memungkinkan terjadinya snakebite.
Tekanan ban dalam yang rendah, membuat posisi tube lebih mudah bergeser dan terjadi perengangan pada lapisan ban dalam.
Tekanan ban dalam yang cukup tinggi, mampu mempertahankan lapisan ban dalam. Dan terhindar dari perengangan yang berlebihan.
Untuk mengindari terjadinya kebocoran gunakan tekanan ban yang tepat. Tekanan ban yang rendah memang membuat suspensi tambahan pada ban, sehingga sepeda lebih empuk. Tetapi pengendara harus bersiap menghadapi ban bocor.

Berapa tekanan ban yang baik
Sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak terlalu kuat tetapi tidak terlalu rendah. Perlu menyesuaikan kondisi medan dengan tekanan ban anda. Bila tekanan ban rendah bisa menyebabkan ban mudah bocor. Tekanan ban terlalu tinggi bisa membuat ban tidak stabil di medan licin. Pilihlah tekanan ban yang tepat untuk anda

Memilih ketebalan ban dalam dan ban luar, ringan biasanya tipis tetapi mudah bocor


Memilih ban sesuai peruntukan

Memilih ban dalam untuk sepeda MTB setidaknya jangan asal.
Banyak penguna sepeda gunung memilih ban ringan. Mencari produk yang mahal dan ringan dengan jaminan bahwa ban dalam anda lebih kuat dapat menjadi awal kesalahan.
Banyak dari pengendara sepeda yang mengunakan ban dalam dengan harga mahal tetapi salah dalam pemakaian. Ban dalam memiliki standar pemakaian dari pabrikan. Apakah untuk race /balapan dengan bobot ringan, ban dengan berat sedang untuk pemakaian biasa atau ban yang kuat seperti kelas all mountain dan downhill. ( Lihat tentang ketebalan ban )
Ban dalam untuk race umumnya didisain dengan mengurangi bobot ban. Tetapi mengesampingkan faktor daya tahan.

Ban ringan maka bahan karet yang dipakai akan lebih tipis. Hindari pemakaian ban jenis tersebut untuk pemakaian biasa, karena dinding ban dalam untuk race lebih tipis dari ban biasa.
Gunakan ban dalam khusus sekelas All Mountain bila perlu kelas Downhill yang tebal dan lebih tahan benturan, memang lebih berat tetapi lebih tahan. Walau anda memberikan tekanan lebih rendah pada ban sepeda sekelas All Mountain atau Downhill.

Faktor ban luar bisa menjadi penyebab terjadinya snake bit atau ban sepeda sering bocor. Seperti kejadian ban dalam yang ringan dan tipis. Ban sepeda gunung memiliki kualitas berbeda beda. Ban luar dengan ketebalan kulit ban lebih tipis akan berdampak terhadap benturan ke bagian ban dalam.

Dan paling menyebalkan ketika ban sepeda yang tipis disusupi benda tajam seperti pecahan kayu kecil. Dan menembus ban luar, lalu mengesek perlahan lahan pada permukaan ban dalam sampai sobek. Biasakan ketika mengalami ban kempes, ban dalam dibawah pulang dan diperiksa letak kebocoran. Bila menghadap kearah bawah (kontak dengan ban luar), ada baiknya memeriksa ban luar anda. Sekedar berjaga jaga, bila ada benda asing yang menyusup dan berdiam di bagian ban luar.
Ada pengalaman menarik dari seorang pesepeda, dimana ban sepedanya bocor berkali kali. Tetapi tidak pernah diketahui penyebabnya. Tidak hanya dihari yang sama, tetapi terjadi berkali kali dan hanya terjadi ketika berkendara di medan gunung saja. Akhirnya diketahui setelah ban dalam dibawa pulang lalu diperiksa. Dan ditemukan kayu yang sangat kecil (seperti jarum) yang menembus lapisan luar ban. 

Salah memilih ukuran ban dalam


Ukuran ban dalam sepeda berbeda beda

Gunakan ban dalam sesuai ukuran ban luar. Misalnya ban sepeda anda mengunakan lebar ukuran 26 x 1.95inch  bisa memilih ukuran ban dalam dengan rentang 1.85-2.1 inch. Ukuran ban dalam berbeda beda walau bentuk kemasannya sama.
Hindari atau memaksakan membeli ban dalam yang ukurannya tidak sesuai. Misalnya anda mengunakan ukuran ban luar 2.1 inch, sebaiknya tidak membeli ukuran ban dalam untuk ukuran 1.5-1.95 inch. Karena karet ban dalam akan lebih mengembang dan sambungan ban dalam akan rentan sobek dan bocor.

Hal terakhir, kebocoran ban dalam bisa terjadi kapan saja. Setidaknya anda selalu menyiapkan 1 buah ban, dongkrak ban dan pompa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar