Apa hubungan antara bedak bayi dan ban sepeda. Ban sepeda tidak merata, terkadang ban luar terlihat sedikit panjul. Sudah dibuka pasang, tetap saja permukaan ban luar terlihat tidak rata. Ban terlihat sedikit tonjolan pada 1 atau 2 titik tertentu. Trik yang satu ini mungkin bisa membantu.

Melihat kondisi permukaan ban sepeda tidak rata bisa saja disebabkan banyak hal. Lalu bagaimana untuk memperbaiki ban sepeda bila maengalami hal tersebut, sehingga ban luar lebih rata untuk mendapatkan tekanan dari ban dalam yang sempurna. 
Permukaan ban luar terlihat tidak merata bisa saja bukan disebabkan hal lain seperti ban mengalami cacat produksi dari pabrik. Disini tidak dibicarakan bila ban luar memang cacat. Kasus ban sepeda panjulan atau tonjolan, lebih banyak disebabkan kurang sempurnanya pemasangan ban dalam itu sendiri.

Trik yang satu ini mungkin bisa membantu, kondisi umum yang terjadi ban sepeda melendung sehingga tidak rata :
  • Disain ban dalam yang mengelembung tidak rata, disebabkan tekanan karet ban dalam tertahan antara dinding ban luar dengan ban dalam sepeda.
  • Tonjolan ban akan lebih terlihat ketika tekanan ban terlalu kuat (maksimum) juga menjadi penyebab terjadinya tonjolan pada ban sepeda.
  • Benjolan pada ban luar sepeda terjadi karena kesalahan pemasangan dibagian ban dalam, bisa saja karet ban dalam sempat terpelintir dan mengembang kurang sempurna .

Tip dibawah ini tidak menyelesaikan seluruh masalah, tetapi untuk memimalkan benjolan ban sepeda.

Kedua permukaan karet yang menahan ban dalam dan luar membuat ban luar tidak melembung secara sempurna
Karet ban dalam yang diisi udara terlalu keras sehingga membuat tekanan ban ke kedinding ban luar tertahan sebagian. Kondisi ini membuat ban akan menonjol dan tidak merata, hal ini terjadi karena karet ban dalam dipasang kurang benar. Ketika ban mengembang karena tekanan angin, karet bagian dalam sedikit terpelintir /  tertahan karena kontak dengan dinding ban dalam. Hal ini membuat ban akan terlihat menonjol pada 1 atau 2 titik dari lingkaran ban. Bagian ban dalam bisa saja terpelintir ketika terisi udarah, sehingga tidak mengelembung sempurna dan membentuk tonjolan dipermukaan ban luar.

Menghadapi kendala ketika memasang ban, untuk menurunkan benjol pada ban luar sepeda.
Caranya sangat mudah. Untuk menghindari kurang sempurnanya ban dalam mengembang. Cukup mengunakan bedak, hal ini untuk mengurangi friksi atau gesekan antara kulit ban dalam dan dinding dari ban luar. Dengan diberikan bedak yang licin, maka ban dalam tidak akan terhambat ketika mengembang. Bahkan dalam kondisi tekanan besar dimana sering terjadi penahanan antara kulit ban dalam dapat diperkecil. 

Bagaimana cara meminimalisir masalah ban panjul atau benjol dengan bedak atau baby powder.
Asumsi dengan ban dalam dan luar untuk sepeda anda memang dalam kondisi baik, dan benjolan ban tidak disebabkan oleh penyok atau kerusakan pada velg dan rim ban sepeda serta adanya cacat pada ban anda.
Gunakan bedak dan taburkan pada dinding ban luar dibagian ban yang melendung atau tidak merata. Setelah ditaburi bedak (
 gambar 1), usapkan dengan kertas tissue kering. Seperti gambar dibawah ini, gambar pertama untuk memberikan bedak baby powder. Proses kedua untuk menyekat ke seluruh permukaan dinding ban luar secara merata (gambar 2).



Dengan memberikan bedak pada dinding ban luar , ketika ban dalam mengelembung akan mengurangi gesekan (tertahan ketika mengembang) antara kulit karet ban dalam dengan dinding ban luar. Sehingga ban dalam atau disebut inner tube dapat mengembang lebih sempurna.

Teknik ini hanya dibutuhkan bila ban sepeda memang bermasalah dan terjadinya benjolan pada ban sepeda anda. Dengan teknik diatas, sedikitnya akan mengurangi dampak kurang sempurnanya ban dalam sepeda ketika mengembang