Senin, 17 Desember 2012

Mengukur Tekanan Shockbreaker Depan dengan Sag.


Mengukur tekanan Sag pada Shock Breaker angin hanyalah langkah awal.

Ukuran tekanan fork depan, apakah PSI sag, berapa tekanan yang tepat untuk shock breaker. Bagaimana mengukur tekanan angin untuk suspensi depan, memiliki angka relatif. Tetapi dapat diukur dengan perkiraan standar dari jarak Sag yang digunakan. Tekanan shock sepeda gunung jenis angin mengikuti berat badan si pengendara. Ada beberapa teknik tunning dari beberapa parameter untuk mengukur sag sepeda. Satu dibuat oleh anda sendiri sesuai kebutuhan. Dan satu ukuran lain yaitu rekomendasi maksimum dari pabrikan dalam menentukan tekanan angin shock sepeda. Terakhir ukuran yang final sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Tekanan suspensi depan sepeda mempengaruhi sag atau kedalaman shock ketika sepeda dikendarai. Bagaimana mengukur ukuran sag dengan perbandingan tekanan angin pada shock dan berat badan si pengendara sepeda.

Tekanan shock depan berhubungan dengan berat badan si pengendara. Hal lain yang menentukan adalah mutu dari buatan shock breaker, masing masing produsen memiliki teknologi berbeda. Misal berat badan anda relatif sama dengan rekan anda, sementara sepeda rekan anda mengunakan shock breaker berbeda, lalu anda mencoba dan merasa ingin mengikuti tekanan shock rekan anda. Tentu hasilnya belum tentu sama. Anda harus mengukur ukuran shock anda sesuai tipe shockbreaker yang anda miliki.

Apa yang dijadikan parameter atau ukuran awal untuk menyesuaikan shock sepeda. Disebut Sag, sebagai angka tunning standar yang digunakan oleh pemilik sepeda dengan berat badan pengendara.

Apakah Sag
Sag adalah pergerakan suspensi titik bawah ketika mendapatkan beban statis. Sag dijadikan salah satu parameter ketika melakukan tuning atau penyetelan tekanan shock breaker.
Titik paling bawah inilah yang disebut sebagai Sag, yaitu ketika suspensi menerima tekanan beban pengendara maka silinder shock akan turun menerima beban statis pengendara. Sag bukanlah ukuran untuk menentukan seberapa panjang shock breaker anda bergerak ketika melakukan perjalanan dengan sepeda. Tetapi Sag adalah kedalaman awal dari turunnya shock setelah menerima beban pengendara dan dijadikan patokan untuk mengukur tekanan angin shock sepeda. Bagaimana melakukan setting Sag terhadap shock breaker sepeda

Peralatan yang dibutuhkan.
  • Zip tie atau karet gelang
  • Pompa Shock
  • Pengaris






Cara mengukur sag shock depan jenis angin.
Pasangkan karet gelang atau zip tie pada silinder shock breaker, dan turunkan sampai posisi paling bawah.
Jangan lupa lepaskan setting rebound misalnya putar ke bagian negatif, sehingga shock tidak tertahan oleh rebound.



Baca tabel ukuran standar dibawah ini, dan panjang travel shock depan anda sesuai tabel. Misalnya shock sepeda depan anda adalah 100mm (10cm), maka ukuran awal untuk sag adalah 15-25mm untuk setting Enduro atau 10-15 untuk setting XC dan Race. Ukuran panjang Sag umumnya tidak melewati 1/4 panjang shock.


Satu lagi referensi bagi setting Sag dengan medan berbeda
Mengunakan ukuran secara umum untuk ukuran shockbreaker dengan panjang travel 80-100mm :
Medan CrossCountry dengan travel 80mm atau kurang, disarankan mengunakan angka 5 - 15% sag atas panjang travel shock
Medan Trail antara 15-20%
All Mountain antara 25-35%

Contoh angka Sag yang digunakan oleh Fox
sag setup
Travel
XC/Race FIRM
All-Mountain PLUSH
120 mm (4.75")
18mm (3/4")
24mm (1")
130 mm (5")
19mm (3/4")
26mm (1")

Langkah try error mengukur sag untuk front shockbreaker
  • Set tekanan shock depan sesuai standar shock breaker asli, misalnya 100psi, atau hitung berat badan anda sebagai angka awal tekanan PSI fork depan.
  • Coba anda duduk secara perlahan ke sadel sepeda, sampai posisi tubuh anda seperti mengendarai sepeda. Sehingga shock bagian depan mulai turun dan mengeser marking karet / zip tie, karena mendapat tekanan penuh layaknya sedang dikendarai.
  • Turun kembali dari sepeda anda secara perlahan dan ukur seberapa jauh shock anda turun. Dan melihat pergerakan karet atau zip tie yang bergesar dari titik awal dasar shock breaker. 
  • Bila posisi zip tie atau karet yang dijadikan tanda ternyata kurang naik sesuai ukuran (misalnya shock dengan travel 100mm memiliki sag 15-25mm), kurangi angin tekanan shock kembali. Misalnya tekanan 100psi, diturunkan menjadi 95psi dan seterusnya.
  • Bila posisi zip tie atau karet yang dijadikan tanda ternyata terlalu dalam turun atau posisi zip tie terlalu naik, tambahkan angin pada shock breaker.
  • Lalu duduk kembali ke atas sepeda secara perlahan seperti langkah awal. Sampai mendapatkan sag yang tepat, misalnya untuk shock panjang 100mm memiliki angka antara sag 15mm, dan anda merasa mendapatkan ukuran yang cocok dengan ukuran Sag 15mm.
  • Selesai mendapatkan ukuran yang tepat, misalnya Sag yang anda pilih adalah 15mm. Catat pada tekanan pompa shock, ukuran PSI tersebut adalah ukuran yang sesuai dengan shock dan tekanan sag untuk sepeda anda. Penyetelan Sag tahap awal shock breaker sepeda anda sudah selesai.
  • Proses terakhir adalah kenyamanan. Mungkin angka tekanan terakhir yang didapat masih kurang nyaman bagi anda. Anda bisa kembali menaikan dan menurunkan tekanan angin untuk fork sampai mendapatkan tekanan yang tepat. Dengan catatan tidak melewati batas anjuran yang diberikan.
Gambar dibawah ini menunjukan bahwa Sag shock depan anda turun sepanjang 15mm ketika anda naik ke atas sepeda.



Bagaimana mengatur tekanan rear shock
Berapa tekanan shock belakang untuk sepeda. Ada beberapa pendapat untuk tekanan suspensi belakang
  • Buat marking dengan zip tie atau karet pada tiang shock, duduk dan lihat posisi pergerakan karet atau marking yang dibuat. Ukuran paling umum digunakan adalah pergerakan shock ketika anda duduk diatas sepeda maksimum 15-25% dari panjang travel shock. Angka ini tidak mutlak. Untuk jarak jauh bisa mengunakan tekanan 15-25% untuk menghadapi medan yang agresif, sedangkan jarak dekat dan mulus bisa mengunakan 5-25% saja
  • Perhitungan lain mengunakan berat badan (kg) dikali 2 sama dengan PSI untuk angin di rear shock. (Berat badan dalam kg X 2 = angka tekanan aingin PSI)
Berapa tekanan yang tepat bagi anda, cobalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan melihat aturan dari pihak produsen.

Catatan tentang setting Sag
  • Teknik setting diatas hanyalah panduan awal melalui panjang Sag. Tujuannya agar memudahkan pengukuran tekanan shock dengan setting sag standar. Tetapi ukuran tersebut bukan ukuran pasti. Ukuran kedua dapat dilihat dari rekomendasi produsen pembuatnya. Mengingat tidak semua shock breaker memiliki ukuran yang sama dalam tunning Sag. Ukuran ketiga, kenyamanan tekanan shock mengikuti selera si pengendara, anda bisa memilih angka minimum atau maksimum dari standar Sag yang diberikan.
  • Tidak memaksakan melakukan setting sag terlalu dalam, misalnya untuk membuat shock breaker lebih empuk, anda mengurangi tekanan angin terlalu berlebihan.  Efek membuat sepeda lebih berat ketika menanjak. Karena bagian shock depan akan menganyun turun naik lebih besar. Dan bahayanya bila tekanan shock terlalu rendah ketika mengunakan rebound dengan tahanan besar akan memperlambat laju naiknya shockbreaker keatas.
  • Ukuran Sag umumnya mengunakan kedalaman maksimum 1/4 (25%) dari panjang travel shock, ketika digunakan dalam pemakaian sehari hari maka kedalaman yang direkomendasikan hanya 1/2 dari panjang travel shock. Biarkan zip tie atau karet melingkar di tabung silinder shock, dan lihat kembali ketika sepeda digunakan pada medan sebenarnya. Bila tanda yang diberikan terlalu dalam atau melewati 1/2 dari panjang travel shock, ada baiknya meningkatkan kembali tekanan angin pada shock breaker. Bila anda sudah mendapatkan ukurang yang tepat, zip tie yang digunakan sebagai patokan bisa dilepas.
  • Sekali lagi cara mengukur Sag adalah ukuran standar yang dijadikan patokan mengukur tekanan awal bagi shock breaker jenis angin. Ukuran dapat disesuaikan oleh anda sendiri sesuai kebutuhan, kenyamanan dan keamanan dalam mengendarai sepeda.
  • Jangan lupa mencari data tentang tekanan minimum dan maksimum dari pabrikan pembuat shock breaker.
  • Ukuran sag untuk sepeda Downhill berbeda dengan tipe sepeda AM dan XC, umumnya ukuran Sag sepeda Downhill dapat direkomendasikan sampai 40%.
  • Setting umum untuk Sag : Travel 100mm kebawah disarankan mengunakan max 15% Sag. Travel 120 keatas, bisa mengunakan ukuran max 15-25%
  • Tetap aman dalam bersepeda dan tidak melakukan setting berlebihan adalah kata kunci menikmati sepeda anda.

Referensi lain dari pabrikan shock breaker dengan Sag.

Dibawah ini masing masing setting sag dibuat berbeda beda oleh pabrikan.

Produk  Magura
Wotan fork
Enduro, all-mountain
Sag: 20 to 25 percent.
Air pressure: five bar/70psi.
Rebound: five clicks from closed.
Albert Select dampening: blue knob
turns pedal platform on/off and gold
knob adjusts the threshold of the
latform “+/-” to rider preference.
Default is blue knob off and gold
knob dialed all the way clockwise.

Menja fork
All-mountain, cross-country
Sag: 20 to 25 percent.
Air pressure: Five bar/ 70psi.
Rebound: Five clicks from closed.
DLO (Dynamic Lockout):
off position.

Durin fork
All-mountain, cross-country
Sag: 20 to 25 percent.
Air pressure: five bar/70psi.
Rebound: five clicks from closed.
DLO (Dynamic Lockout):
off position.

Hugin shock
All-mountain, cross country
Sag: 20 to 25 percent.
Rebound: one half to one turn
from open.
Low speed compression: open up
to one turn from open.
High speed compression: open.

Produk Fox
F120 RLC fork
Cross-country, trailbike
Sag: 20 to 24 millimeters.
Low-speed rebound: five to seven
clicks out from closed.
Low-speed compression: four
clicks out from closed.
Lockout blow-off threshold:
eight clicks out from closed.
36 Float RC2 fork
All-mountain
Sag: 30 millimeters.
Low-speed rebound: seven to
eight clicks out from closed.
Low-speed compression: seven
clicks out from closed.
High-speed compression: seven
clicks out from closed.
40 RC2 fork
Downhill
Sag: 40 to 45 millimeters.
Low-speed rebound: six to eight
clicks from closed.
Low-speed compression: five
clicks out from closed.
High-speed compression: five
clicks out from closed.
Produk Manitou
Drake Super, R7 Super and Minute Super MRD (TPC) forks
Trailbike
Sag: ten to 15 percent.
Low-speed rebound: halfway out
from closed.
Low-speed compression: one or
two clicks in from open.
Drake Super, R7 Super and Minute Super MRD (ABS) forks
Trailbike
Sag: Ten to 15 percent.
Low-speed rebound: halfway out
from closed.
Low-speed compression: two
clicks in from open.
Platform: three to five clicks
from open.
Dorado fork
Downhill
Sag: 20 to 25 percent.
Low-speed rebound: halfway
out from closed.
Low-speed compression: seven
clicks in from open.
High-speed compression:
nine clicks in from open.
Nixon and Travis forks
Downhill
Sag: 20 to 25 percent.
Low-speed rebound: halfway
out from closed.
Low-speed compression: one
and a half turns in from open.
Produk Marzocchi
Corsa fork
Cross-country
Set this first: PAR—115-130psi in
bottom air valve (more air equals
more bottom-out resistance)
Sag: 12 to 20 millimeters.
Low-speed rebound: ten to 15 clicks
out from closed.    
Compression: on for climbing, off
for descending.
TST micro: adjust small gold knob
one revolution from closed.
XC 700ATA, XC 600ATA forks
Trailbike
Set this first: PAR—115 to 130psi
in bottom air valve
Sag: 20 to 28 millimeters.
Low-speed rebound: ten to 15
clicks out from closed.    
Compression: on for climbing,
off for descending.
TST micro: adjust small gold knob
one revolution from closed.
55 ATA fork
All-mountain
Set this first: PAR—115 to 130psi
bottom air valve.
Sag: 28 to 40 millimeters.
Compression: on for climbing, off
for descending.
TST micro: adjust small gold knob
one revolution from closed.
66 ATA RC3 fork
Downhill
Set this first: PAR—115 to 130psi
in bottom air valve.
Sag: 28 to 40 millimeters.
Low-speed rebound: ten to 15 clicks
out from closed.
Compression: two to five clicks
from open. (Air valve under rebound
adjuster knob to be used as pressure
relief only)
888 RC3, 888 RC3 forks
Downhill
Sag: 28 to 40 millimeters.
Low-speed rebound: 15 to 20 clicks
out from closed.
Compression: two to five clicks
from open.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar